Menpupera: Tarif Tol Japek Atas-Bawah Akan Sama

Menpupera: Tarif Tol Japek Atas-Bawah Akan Sama
Tol layang Jakarta-Cikampek. ( Foto: Antara )
Muawwan Daelami / FER Kamis, 6 Februari 2020 | 17:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono, mengatakan, jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II saat ini sedang memasuki tahap simulasi. Jalan bebas hambatan ini, dijadwalkan akan selesai pada pekan kedua Februari 2020.

"Sekarang lagi disimulasikan tarifnya, karena tarif antara atas dan bawah akan disamakan. Kalau (tarifnya, red) beda kan aneh," kata Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Sejauh ini, Basuki mengaku belum tahu pasti berapa tarif yang akan diberlakukan sebab masih didiskusikan dan beberapa ratus titik sedang disempurnakan.

Paket 2 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Segera Rampung

Sebelumnya, Basuki juga mengatakan penyempurnaan tersebut meliputi bumping yang berada di expansion joint. Adapun pembangunan lainnya seperti parking area sebatas untuk memenuhi kebutuhan darurat atau emergency.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, mengatakan, tarif yang sama itu berlaku untuk jarak yang jauh. "Harapan kami begitu, untuk jarak jauh demikian," pesan Danang saat dihubungi, Kamis (6/2/2020).

Direktur Utama PT JJS, Dedi Krisnariawan Sunoto, mengatakan, bila Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini sudah beroperasi penuh akan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan.

Selain itu, kata dia, tol yang memiliki panjang 62 kilometer (km) ini juga diproyeksikan dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang menuju dan dari wilayah-wilayah yang dilewati kedua jalan tol tersebut.

"Tol Japek II selatan akan terhubung dengan JORR I, JORR II dan Jalan Tol Cipularang," ucap Dedi.



Sumber: Investor Daily