Logo BeritaSatu

Tarik Investasi Baru, Valuasi MPL Dekati US$ 1 Miliar

Kamis, 4 Februari 2021 | 16:01 WIB
Oleh : Harso Kurniawan / HK

Jakarta, Beritasatu.com – Valuasi Mobile Premier League (MPL), platform e-sport dan mobile gaming terbesar di Asia mendekati US$ 1 miliar atau tepatnya US$ 945 juta, setelah berhasil menghimpun investasi baru senilai US$ 95 juta dalam tahap putaran pendanaan Seri D.

Platform game MPL telah dimainkan oleh 60 juta lebih pengguna di India dan 3,5 juta lebih pengguna di Indonesia. MPL memiliki 50 games lebih yang terbagi dalam beberapa kategori untuk Android dan iOS (hanya di India) dan bekerja sama dengan 28 game developer.

Composite Capital dan Moore Strategic Ventures memimpin penggalangan dana di putaran terakhir ini, didukung juga partisipasi dari Base Partners, RTP Global, SIG, Go-Ventures, Telstra Ventures, Founders Circle, dan Play Ventures. Total modal yang dikumpulkan sejak MPL berdiri pada 2018 hingga saat ini US$ 225,5 juta.

Pemberlakuan lockdown di beberapa negara pada tahun 2020 yang dipicu oleh pandemi, memberikan peluang bagi industri e-sports untuk berkembang dengan pesat di dunia dan terutama di Asia. MPL berada di garis depan dalam mendemokratisasikan e-sports di Indonesia dan India. Melalui partisipasi MPL dalam Piala Presiden e-sports awal 2020, untuk kategori casual gaming, MPL berhasil mengumpulkan 50 ribu lebih orang partisipan dari kalangan remaja sampai dengan dewasa yang tersebar secara nasional. MPL juga menyediakan hadiah sejumlah Rp 225 juta untuk pemenang.

Suntikan dana baru ini akan digunakan MPL untuk memperluas portofolio game e-sports dan juga akan menyelenggarakan lebih banyak turnamen berskala nasional maupun internasional. Dana tersebut juga akan digunakan MPL untuk melakukan ekspansi internasional tahun ini.

"Seiring dengan berkembangnya eksistensi dan ekspansi kami, pendanaan baru ini akan membantu kami fokus kepada value proposition utama kami, yaitu platform game yang kuat dengan menghadirkan fitur terbaik bagi para gamer, dan menambahkan permainan e-sports terbaik ke dalam MPL. Komunitas e-sports saat ini sedang berkembang pesat, dan kami percaya, ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan games yang dibuat di India dan Indonesia ke dunia serta membantu para gamers untuk menunjukan kemampuannya," ungkap Sai Srinivas, co-founder dan CEO MPL, Kamis (4/2/20210).

Kanush Chaudhary, managing director Composite Capital, menambahkan, pihaknya senang dapat bermitra dengan tim MPL dan mendukung terus pertumbuhan MPL. “Sebagai pemimpin industri di dalam market gaming, kami percaya MPL akan terus berinovasi dan terus mendorong dunia e-sports, baik di India maupun mancanegara,” jelas dia.

Eduardo Latache dari Base Partners menuturkan, seiring meningkatnya investasi di MPL, pihaknya optimistis MPL dapat berprestasi di tingkat internasional dan memimpin industri mobile gaming dan e-sports secara global.

“Kami sangat menyambut baik kemitraan kami dengan Composite Capital dan Moore Strategic Ventures. Selama proses Seri D, kami terkesan dengan pemahaman mereka terkait ekosistem mobile gaming dan e-sports. Kami berharap kita dapat terus bekerja sama dalam membangun bisnis game berskala global bermula dari India,” kata SVP Corporate Development and Investor Relations MPL Joe Wadakethalakal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BKI Sabet Human Capital & Performance Awards 2022

Penghargaan yang diraih BKI ini penting untuk pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit Ke-58, Saka Bawa Inggris Unggul 3-0 atas Senegal

Menit Ke-58, Saka Bawa Inggris Unggul 3-0 atas Senegal

SEMESTA BOLA 2022 | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE