Logo BeritaSatu

Teten Masduki: UMKM Indonesia Jangan Hanya Buat Keripik, Akik dan Batik

Rabu, 3 Maret 2021 | 13:15 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki berharap agar pelaku usaha kecil dan menengah mulai meningkatkan daya saing dengan mengadopsi teknologi. Hal ini penting agar produk-produk UMKM juga bisa turut mendukung sektor pariwisata.

“Untuk meningkatkan national branding UMKM dalam mendukung pariwisata, UMKM kita jangan hanya membuat keripik, akik, dan batik saja, tetapi juga harus mulai bertransformasi ke produk-produk berbasis teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk UMKM,” kata Teten Masduki dalam acara pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Sesi I dengan tema “Eksotisme Lombok”, Rabu (3/3/2021).

Untuk mendorong sektor pariwisata, Teten mengatakan Indonesia tidak bisa hanya sekedar menjual eksotisme alamnya saja, meskipun ini jadi keunggulan utama Indonesia. Menurut Teten, sudah waktunya sektor pariwisata ini didukung oleh produk-produk UMKM yang berbasis inovasi teknologi.

“Saya kira kita harus mem-branding negeri kita sebagai negeri yang menuju modernisasi, dan tentunya dengan tidak meninggalkan akar budaya kita yang sangat kuat. Selama ini orang-orang lebih melihat Indonesia sebagai negara agraris atau yang selalu ditampilkan misalnya suku-suku atau simbol tradisi, tapi sekarang kita harus melahirkan simbol-simbol Indonesia yang modern,” kata Teten.

Dalam kesempatan ini, Teten juga kembali mengingatkan pentingnya pelaku UMKM memanfaatkan platform digital. Langkah ini penting agar produk yang dipasarkan bisa menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Untuk mendukung upaya ini, pemerintah juga sudah menggulirkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Tahun lalu, gerakan ini berhasil meningkatkan jumlah pelaku UMKM yang terhubung dengan platform digital (onboarding) sebanyak 3,8 juta unit UMKM. Sebelum ada gerakan ini, UMKM yang sudah terhubung platform digital ada sebanyak 8 juta unit UMKM.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Lakukan Satu Perubahan, Ini Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE