Bank DKI Pertahankan Peringkat Rating AA- dari Pefindo
Logo BeritaSatu

Bank DKI Pertahankan Peringkat Rating AA- dari Pefindo

Rabu, 3 Maret 2021 | 21:11 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritastau.com - Pefindo pertahankan peringkat rating PT Bank DKI (Bank DKI) dan Obligasi Berkelanjutan I/2016 yang masih beredar pada rating "idAA-". Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat dari Pemerintah Provinsi Jakarta (Pemprov DKI) sebagai pemegang saham pengendali, struktur permodalan yang kuat dan perkembangan bisnis Bank DKI.

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (3/3/2021), Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan Pefindo atas rating yang diberikan kepada Bank DKI.

"Rating yang diberikan Pefindo merupakan penanda yang baik atas pencapaian kinerja Bank DKI serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan berbagai produk dan layanan perbankan dari Bank DKI,” kata Herry.

Dari sisi kinerja keuangan, sampai dengan Desember 2020, aset Bank DKI mengalami pertumbuhan sebesar 13,3% menjadi Rp63,01 triliun (unaudited) dibandingkan dengan periode sebelumnya sebesar Rp55,60 triliun.

Peningkatan kinerja tersebut juga didukung dengan kualitas aset yang terjaga dengan baik dimana per Desember 2020, Rasio NPL gross tercatat sebesar 2,98%. Profil permodalan tersebut diharapkan dapat menjadi bantalan yang kuat apabila terdapat potensi penurunan kualitas aset, terutama sektor-sektor yang sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19 seperti konstruksi, perdagangan, manufaktur, transportasi, dan pertambangan.

Adapun dari sisi bisnis, Bank DKI terus melakukan upaya transformasi perbankan digital yang dilakukan Bank DKI melalui kehadiran berbagai fitur baru JakOne Mobile yang memudahkan masyarakat, beberapa di antaranya kemudahan membuka deposito secara online serta tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI.

Herry menyampaikan, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan dimanapun dan kapanpun melalui aplikasi JakOne Mobile. Terbaru, aplikasi JakOne Mobile Bank DKI dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran transaksi non-tunai melalui CPM (Customer Presented Mode).

"Dengan itu, pengguna hanya perlu menunjukkan QRIS dari JakOne Mobile kepada merchant untuk bertransaksi. JakOne Mobile juga dapat dipergunakan untuk pembayaran pajak daerah seperti PBB, Pajak Kendaraan Bermotor hingga retribusi,” ujarnya.

Selain JakOne Mobile, Bank DKI juga memiliki produk e-money berbasis kartu yakni JakCard dan JakLingko. Kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga kereta bandara/Railink.

"Saat ini, JakCard juga dapat dipergunakan untuk pembayaran akses masuk jalan tol dalam kota,” tambah Herry.

JakCard dan JakLingko juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium dan berbagai museum di DKI Jakarta. JakCard dan JakLingko Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk memasuki kawasan wisata Ancol.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

PTPP Garap Proyek Infrastruktur Mandalika Senilai Rp 940 Miliar

Perolehan proyek Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) akan menambah nilai kontrak baru PTPP di bulan Februari ini.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Kurangi Impor, BUMN Akan Akuisisi Peternakan hingga Tambang Garam Asing

Untuk kurangi impor, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa BUMN akan mengakuisisi perusahaan peternakan hingga tambang garam di luar negeri.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bank Syariah Indonesia-Dubai Islamic Bank Jajaki Kerja Sama Sukuk Global

Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Dubai Islamic Bank (DIB) menjajaki kerja sama sukuk global, peningkatan kapasitas SDM, serta pengembangan produk syariah.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Erick Perketat Penggunaan PMN di BUMN, Ini Detail Aturannya

Penambahan PMN ke BUMN dan perseroan terbatas dilakukan dalam rangka memperbaiki struktur permodalan.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bertemu CEO Dubai Islamic Bank, Potensi Kerja Sama Internasional dengan BSI Terbuka

Direksi Bank Syariah Indonesia (BSI) dipimpin Direktur Utama Hery Gunardi menerima kunjungan CEO Dubai Islamic Bank Group Adnan hilwan di Jakarta.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Dorong Transformasi, Erick Thohir Telah Pangkas 101 Perusahaan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir telah melakukan pemangkasan perusahaan pelat merah menjadi 41 perusahaan dari yang semula sebanyak 142 perusahaan.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Ketum PBNU Said Aqil Jadi Komisaris Utama KAI

Susunan Dewan Komisaris KAI menjadi Said Aqil Siradj, Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Fortune Indonesia Belum Miliki Rencana Aksi Korporasi

PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) menyatakan dalam waktu dekat atau setidaknya dalam tiga bulan ke depan, belum memiliki rencana aksi korporasi apapun.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Bank Banten Raih Penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2021

Bank Banten meraih penghargaan "Indonesia Best BUMD Awards 2021" dari Warta Ekonomi.

EKONOMI | 3 Maret 2021

Anti-Dumping Ciptakan Kestabilan Industri Baja Lapis Alumunium Seng

Kesetaraan area bermain memberikan kesempatan industri Bjlas dalam negeri sembuh, terlindung, dan dapat bersaing secara adil.

EKONOMI | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS