Logo BeritaSatu

Sandiaga Uno Undang Investor Tanam Modal di KEK Likupang

Minggu, 7 Maret 2021 | 17:48 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JEM

Manado, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak investor untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, membuat model terobosan pengembangan kawasan melalui industri dan jasa pariwisata bertaraf internasional.

Dengan demikian, kata Sindiaga Uno, dapat menjadikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sektor unggulan dalam penciptaan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara (Sulut) turut mengajak 50 lebih investor tersebut, bertemu stakeholder terkait guna mendengar lebih jauh tentang pengembangan KEK Pariwisata Likupang dalam "Tourism & Creative Economy Investment Forum in North Sulawesi".

"Ini merupakan pertemuan dengan beberapa pengusaha sekaligus investor yang digagas untuk mendorong serta mendukung percepatan pengembangan industri dan investasi pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Likupang yang merupakan Destinasi Super Prioritas dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya Minggu (7/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Anggota Komisi X DPR RI Adriana Dondokambey, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin Lotulung, serta para investor yang dipimpin Peter F Gontha selaku pelaksana forum investasi.

Sandiaga menjelaskan, terdapat beberapa peluang investasi pada KEK Likupang. Antara lain infrastruktur di dalam kawasan termasuk sustainability concept dan menciptakan Smart Tourist Destination (STD). Kemudian cultural village sebagai kunci untuk destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif untuk menggiatkan dukungan terhadap masyarakat setempat.

Serta pembangunan kawasan tahap I (3 tahun pertama) di atas lahan seluas 92,89 hektare dengan nilai investasi Rp 914 miliar, mencakup resort, utilitas, area komersial, danau, juga ruang terbuka hijau.

KEK Likupang yang dikembangkan PT Minahasa Permai Resort Development (MPRD) berada di atas lahan seluas 197,4 hektare yang akan dikembangkan dalam tiga tahap. Total nilai investasi pembangunan kawasan sebesar Rp 2,1 triliun dan diperkirakan menarik investasi Rp 5 triliun hingga tahun 2040.

Melalui KEK Likupang diharapkan dapat mendongkrak realisasi investasi sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara, yang berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal tahun 2020, mencapai Rp 939,13 miliar dengan PMA mencapai Rp 80 miliar, dan PMDN mencapai Rp 859,13 miliar.

"Kita harapkan pembangunan tersebut tidak hanya terbatas kepada meningkatnya pendapatan daerah dan masyarakat sekitar, tetapi juga harus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta sosial budaya dan lingkungan terjaga dengan baik," tutup Sandi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jamin Stok Beras, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kerja Sama Regional

Kerja sama regional sepatutnya dapat ditingkatkan untuk menjamin keamanan stok komoditas pangan. Peran Perum Bulog perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini Sentimen-sentimen Wall Street Sepekan ke Depan

Memasuki kuartal ketiga, kekhawatiran akan resesi semakin kuat. Investor Wall Street menantikan data ketenagakerjaan Juni, risalah the Fed, dan kinerja emiten.

EKONOMI | 3 Juli 2022

BRI Berhasil Raih Penghargaan Digital Banking Terbaik

Sukses menjalankan transformasi digital, BRI berhasil meraih penghargaan digital banking terbaik di Digital Banking Awards 2022.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bahan Baku Mahal, PMI Manufaktur Indonesia Melambat Lagi

PMI Manufaktur Indonesia melambat ke angka 50,2 pada Juni 2022 dari 50,8 poin pada bulan sebelumnya akibat kenaikan harga bahan baku.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Efek Domino Crypto Winter, Voyager Digital Hentikan layanan

Voyager Digital telah menghentikan layanansetelah salah satu pelanggannya gagal melakukan pembayaran pinjaman ratusan juta dolar.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jadi Perusahaan Digital, Pendapatan Bakrie Telecom Melesat

PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) membukukan lonjakan pendapatan hampir 400% menjadi Rp 52,1 miliar hingga kahir 2021.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bupati Manggarai Barat Dukung Kenaikan Tiket Pulau Komodo

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mendukung wacana kenaikan harga tiket Pulau Komodo sebagai bentuk pembatasan jumlah kunjungan ke Taman Nasional Komodo.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Woilo, Media Sosial Karya Anak Bangsa Go International

Woilo, yang merupakan media sosial anak bangsa dari Surabaya, Jawa Timur, tersebut sudah go international.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Dukung Pertumbuhan UMKM Kuliner, Wahyoo Gelar Sayembarasa

Wahyoo bersama Livin by Mandiri kembali menyelenggarakan Sayembarasa batch 2, dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

BOLA | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings