Logo BeritaSatu

Faktor Penting Riset bagi Pelaku UMKM

Sabtu, 13 Maret 2021 | 22:02 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan mengambil kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK). Keadaan ini membuat setiap orang beralih profesi yang tadinya sebagai karyawan menjadi wirausahawan atau entrepreneur.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemkop UKM) sepanjang 2010 hingga 2018, penambahan jumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) rata-rata 1,4 juta per tahun. Bayangkan jika selama pandemi mereka yang tadinya karyawan kini mulai beralih sebagai wirausahawan. Alhasil, persaingan bisnis semakin ketat.

Head of Marketing Populix, Jessica Gautama mengatakan, bagi pelaku UMKM yang semula mapan, pandemi yang belum juga melandai membuat mereka harus berpikir lebih kreatif untuk bisa bertahan.

"Sementara, buat pelaku usaha yang baru terjun, harus memperkuat riset dan pengetahuan tentang pasar sebelum memulai usaha,” kata Jessica dalam perbincangan dengan sejumlah media di Jakarta, Sabtu (13/3/2021).

Menurut Jessica, Populix sebagai platform market research yang menjadi rujukan pelaku usaha dalam mencari tahu kebutuhan pasar dengan jutaan responden di berbagai wilayah di Indonesia, memberikan solusi mudah bagi para pelaku UMKM dalam membaca situasi pasar.

"Memulai bisnis atau usaha, harus memiliki data dan riset yang kuat. Sebab, tanpa data dan riset yang kuat, sulit untuk melakukan penetrasi terhadap pasar,” ungkapnya.

Tidak hanya pelaku usaha, sambung Jessica, pelajar dan mahasiswa saat ini juga harus memiliki acuan base on data yang kuat dalam menyelesaikan studinya. "Sebab, era revolusi industri 4.0 menuntut pelajar dan mahasiswa melek dengan pasar," tambahnya.

Jessica menambahkan, baik pelaku usaha, UMKM maupun pelajar, riset dengan cara mencari dan mengolah data kini tidak sulit, dan biayanya pun terjangkau. Populix, misalnya, memberikan sejumlah kemudahan bagi kalangan pelaku UMKM dan pelajar. "Sebagai alternatif solusi, kami memiliki paket hemat Populix,” tambahnya.

Paket hemat Populix (PHP) merupakan layanan terbaru yang ditujukan bagi pelaku UMKM, pelajar, mahasiswa maupun pelaku usaha lainnya, yang membutuhkan riset akurat dengan harga yang sangat terjangkau, proses yang cepat dan mudah.

Adapun kelebihan PHP dibandingkan layanan lainnya, antara lain hasilnya lebih cepat dimana pengguna bisa mendapatkan studi hanya dalam 3 hari. Kemudian, biayanya lebih hemat dan bisa mendapatkan hasil studi yang optimal. Pengguna dapat mengakses dashboard Populix selama 1 tahun penuh.

"Prosesnya mudah kok. Setelah melakukan pembayaran secara online dan mengisi formulir, pengguna akan mendapat akun. Admin kami akan memberikan akses ke dalam dashboard Populix agar bisa melihat proses studi PHP,” tutup Jessica.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ditopang Telkom Group, Begini Rencana Bisnis Indico

Indico yang merupakan entitas anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), siap menjadi enabler ekosistem bisnis digital dan startup di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Perkuat Jaringan, Samanea Group Gandeng 9 Peritel Global

Samanea Group mengembangkan kerja sama strategis dengan 9 perusahaan peritel branded yang memiliki basis e-commerce kuat di Samanea Hybrid Trade Outlet.

EKONOMI | 27 November 2022

Batik Eco Print, Jadi Salah Satu Produk UMKM di Eco Run Fest 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 menghadirkan kegiatan Eco Market menampilkan UMKM yang menawarkan produk batik eco print.

EKONOMI | 27 November 2022

Lokananta Jadi Sentra Kreativitas Musisi, Seniman dan UMKM

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding Danareksa berkomitmen membangkitkan kembali Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia.

EKONOMI | 27 November 2022

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Antoine Griezmann Bangga Bisa Samai Rekor <em>Assist</em> Zidane

Antoine Griezmann Bangga Bisa Samai Rekor Assist Zidane

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE