Logo BeritaSatu

Pemimpin Perempuan Minim, Termasuk di Ekosistem Pendidikan

Rabu, 20 Juli 2022 | 05:19 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Educator dan Founder Sekolah.mu Najeela Shihab melihat masih ada kesenjangan besar dari persentase perempuan yang memegang posisi sebagai pemimpin dibandingkan laki-laki, baik di sektor swasta maupun publik. Kesenjangan juga terlihat di ekosistem pendidikan. Jumlah perempuan yang menjadi kepala sekolah masih tergolong rendah.

"Kita melihat di posisi-posisi kepemimpinan, ada kesenjangan yang besar, bahkan di ekosistem pendidikan itu sendiri. Jumlah kepala sekolah perempuan itu masih rendah, sekitar 20% kepala sekolah perempuan dibandingkan dengan persentase guru perempuan di dalam sekolah tersebut. Jadi tidak cukup banyak figur pemimpin," kata Najeela Shihab dalam talk show bertajuk "Keberagaman dan Inklusi" dalam rangkaian KTT Y20 Indonesia 2022, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Untuk itu diperlukan agenda khusus untuk menjawab tantangan tersebut. Karena sebetulnya masalah kesetaraan gender di dunia pendidikan di Indonesia sudah semakin membaik.

"Ini isu yang penting karena banyak sekali kesalahpahaman ketika kita bicara tentang kesenjangan gender dalam pendidikan. Ada fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Saat ini sudah tidak lagi ada kesenjangan dari sisi sisi angka partisipasi. Jadi angka partisipasi sekolah baik laki-laki maupun perempuan sudah cukup merata," ungkap Najeela.

Selain itu dari sisi pencapaian akademik, anak perempuan juga terlihat lebih menonjol di berbagai bidang. "Dari sisi akademik, anak perempuan sebenarnya mencatatkan skor lebih tinggi dibandingkan anak laki-laki. Ini berdasarkan penilaian di tingkat nasional maupun internasional," ujar Najeela.

Namun, tantangan muncul ketika perempuan mulai menyelesaikan pendidikannya dan memasuki dunia karir. Sehingga membuat kepemimpinan perempuan baik di sektor swasta maupun publik masih tergolong rendah.

"Banyak sekali hambatan yang dihadapi perempuan setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. Ini juga mencerminkan hambatan struktural ketika pengembangan karier mereka dimulai," ungkap Najeela.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kunjungi Korban Musibah MTsN 19, Anies: Peristiwa Ini Pembelajaran

Kunjungi Korban Musibah MTsN 19, Anies: Peristiwa Ini Pembelajaran

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings