Logo BeritaSatu

Transformasi BUMN, Utang PLN Turun Jadi Rp 407 Triliun

Rabu, 21 September 2022 | 20:51 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan utang PT PLN (Persero) mengalami penyusutan yang signifikan dari semula Rp 500 triliun menjadi Rp 407 triliun.

“Alhamdulillhah, berkat dorongan kami dan pengawasan Komisi VI sekarang utang PT PLN yang tadinya Rp 500 triliun, ketika kita sama-sama mulai melakukan transformasi sekarang utang PLN sudah turun menjadi Rp 407 triliun,” ungkap Erick dalam rapat kerja bersama Komisi DPR di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Menurut dia, keberhasilan PLN menekan utang tidak lepas dari adanya percepatan pembayaran dan pelunasan yang terjadi selama 3 tahun terakhir sebagai bagian penyehatan arus kas perseroan. Dengan demikian, Erick meyakini PLN siap untuk bertransformasi untuk menghadapi green industry atau kehidupan masyarakat di era digital.

Ditambah, Komisi VI DPR juga telah memberikan lampu hijau untuk memberikan Penyertaan Modal Negara (PMN) Tahun Anggaran (TA) 2023 kepada PLN sebesar Rp 10 triliun.

Erick memastikan bahwa suntikan modal tersebut akan digunakan secara tepat sesuai arahan Komisi VI untuk pemerataan listrik kepada masayrakat yang tertinggal. “Jadi kalau masyarakat di kota mendapat akses listrik luar biasa, industri juga mendapat akses tentu masyarakat desa juga harus mendapat akses sama,” ujar Erick.

Apalagi, kata dia, listrik sudah menjadi kebutuhan bukan hanya bagi dunia usaha, tetapi bagi dunia pendidikan sebagai bagian dari proses digitalisasi sekaligus kesejahteraan masyarakat bagi UMKM.

Karena itu, Erick akan memaparkan progres pembentukan holding dan subholding PLN yang terbaru dalam rangka untuk memilah mana Public Service Obligation (PSO) dan mana aksi korporasi (corporate action).

“Kalau ditanya keberpihakan PLN dan pelayanan kepada masyarakat pasti itu menjadi prioritas. Perusahaan sehat pasti harus melayani masyarakat yang membutuhkan. Namun kenapa muncul isu mengenai penghapusan 450 VA, padahal kami dari Kementerian BUMN juga sempat bertanya-tanya dan saya yakin Komisi VI tidak pernah membahas hal ini dan saya yakini itu,” beber Erick.

Untuk itu, Erick menegaskan bahwa Kementerian BUMN tidak memiliki rencana untuk menghapus daya listrik 450 VA. Sebaliknya, Kementerian BUMN justru mendorong agar listrik bisa terhubung ke desa-desa dan layanannya dapat dinikmati masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi, mengenai 450 VA ini saya memastikan tidak ada sama sekali strategi penghapusan. Presiden juga sudah mengumumkan dan membicarakan secara publik bahwa 450 VA ini tidak ada (penghapusan),” tutup Erick.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenaker Minta Seluruh Pihak Patuhi Upah Minimum 2023

Kemenaker mendorong semua pihak untuk memperkuat dialog sosial agar implementasi upah minimum 2023 berjalan kondusif.

EKONOMI | 30 November 2022

Meski Tertekan, Industri Penerbangan Tak Boleh Abaikan Pelayanan

Persoalan yang mengimpit industri penerbangan membuat sejumlah maskapai lalai pada aspek pelayanan. Sebut saja kasus Aris Lasso yang ditinggal Batik Air. 

EKONOMI | 30 November 2022

Rupiah Melemah Mendekati Kisaran Rp 15.800

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Rabu (30/11/2022) terpantau melemah ke kisaran Rp 15.745.

EKONOMI | 30 November 2022

Reformasi Perpajakan Sumbang Penerimaan Negara, Berapa?

Kemenkeu sebut implementasi reformasi perpajakan menambah penerimaan pajak hingga Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dibuka Menguat di Tengah Koreksi Bursa Asia

IHSG dibuka melemah 15,67 poin (0,22%) di posisi 6.996,39 pada perdagangan sesi I, Rabu (30/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

Tingkatkan Penerimaan Pajak 2023, DJP Fokus ke Orang Kaya dan Ekonomi Digital

Tingkatkan penerimaan pajak, DJP prioritas pengawasan atas WP high wealth individual berserta WP grup dan ekonomi digital.

EKONOMI | 30 November 2022

Wall Street Melemah 3 Hari Berturut-turut, Pasar Tunggu Pidato Powell

S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup lebih rendah untuk sesi ketiga berturut-turut Wall Street pada hari Selasa (29/11/2022).

EKONOMI | 30 November 2022

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG dinilai sejumlah analis, akan kuat menghadapi isu rencana kenaikan Fed Fund Rate (FFR) serta adanya demonstrasi di Tiongkok.

EKONOMI | 30 November 2022

Serikat Pekerja Asuransi Jiwasraya Tolak Di-PHK

Kementerian BUMN disebut berencana untuk menutup bisnis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada semester I-2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Pendidikan Luar Negeri Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi RI

British Council mengatakan bahwa Indonesia bisa mencetak SDM unggul lewat pendidikan luar negeri. Ini bisa berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

NEWS | 16 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE