Logo BeritaSatu

Yasonna: Jadikan Kritik sebagai Koreksi, Jangan Defensif

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly menegaskan kritikan yang diterima harus dijadikan sebagai koreksi. Ia meminta seluruh jajarannya jangan bersifat defensif terhadap kritikan masyarakat. Hal ini disampaikan Yasonna dalam upacara Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta, Sabtu (30/10/2021)

“Banyak kritik-kritik diberikan kepada kita, jadikan itu sebagai koreksi, jangan defensif. Berbagai direktorat jenderal, pelayanan di kantor-kantor wilayah maupun di UPT kita sering mendapat kritik, ada kelengahan, ada kesengajaan. Bagi yang sengaja kita akan sanksi dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Yasonna.

Untuk itu, Yasonna mengajak seluruh jajarannya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga luar negeri untuk merapatkan barisan bersama-sama melayani masyarakat dengan baik. Bersama-sama memacu kinerja agar Kemenkumham menjadi kementerian yang dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Diakuinya, tantangan yang dihadapi kementerian yang dipimpinnya akan semakin berat. Untuk itu, seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Kemenkumham dituntut selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi dengan segala sumber daya yang ada.

Berbagai capaian prestasi yang diraih Kemenkumham diharapkan dapat terus memberikan citra positif di masyarakat. Ia meminta seluruh jajarannya jangan pernah puas dengan prestasi yang telah dicapai.

Sebaliknya, jajaran Kemenkumham harus menjadi pionir dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, melayani publik dengan baik dan adaptif, menghadapi berbagai situasi dengan cepat dan akurat dalam pengambilan keputusan serta terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kita harus bisa membuktikan bahwa aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM adalah sosok yang lincah, inovatif, bekerja keras, tampil terampil dan siap bertransformasi untuk menjadi kekuatan yang besar dalam membangun bangsa dan mewujudkan Indonesia kuat, maju dan sejahtera,” terang Yasonna.

Ditekankan Yasonna, mau tak mau dan suka tidak suka, Indonesia sudah berada dalam era revolusi industri 4.0, bahkan akan masuk dalam industri 5.0 dalam beberapa tahun ke depan. Dengan demikian, transformasi penggunaan teknologi informasi adalah suatu keharusan.

Menurutnya, Kementerian Hukum dan HAM telah melakukan berbagai upaya, mulai dari birokrasi digital dan terus melakukan perubahan pelayanan publik melalui platform aplikasi online untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Sekali lagi teruslah berinovasi, ciptakan terobosan-terobosan baru, buktikan bahwa kinerja jajaran Kementerian Hukum dan HAM memberikan manfaat yang langsung dirasakan masyarakat, mampu bermanfaat bagi masyarakat sehingga terwujudlah Kementerian Hukum dan HAM yang semakin baik,” tegas Yasonna.

Selain itu, Yasonna meminta Hari Dharma Karya Dhika menjadi momentum untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi atas semua yang telah dilakukan selama ini. Momentum untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam menghadapi situasi yang sangat dinamis, terus bekerja dan berkarya sehingga dapat memastikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara benar-benar terlayani dan diletakkan diatas kepentingan pribadi.

“Wujudkanlah nilai kepastian dan kemanfaatan hukum sehingga Kementerian Hukum dan HAM dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Yasonna Laoly.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

NEWS | 25 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings