Logo BeritaSatu

Kementerian Kesehatan Minta Masyarakat Waspadai DBD

Minggu, 13 Januari 2019 | 21:39 WIB
Oleh : YUD

Jakarta - Kementerian Kesehatan mengimbau warga mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah dengue terjadi seiring munculnya genangan air di saat musim penghujan atau peralihan. Berdasarkan data kasus kejadian DBD yang dikutip dari laman resmi Kemkes di Jakarta, Minggu (13/1), terdapat 22 provinsi yang terjadi kasus DBD dan dua di antaranya terjadi kejadian luar biasa (KLB).

Beberapa wilayah yang menyatakan sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB), yakni Kabupaten Kapuas dan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, serta Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Advertisement

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan KLB ini sudah ditanggulangi oleh tim gerak cepat Kemenkes bersama dinas kesehatan propinsi setempat.

"Kemenkes juga sudah melakukan penyelidikan sumber penularan DBD dan sudah dilakukan langkah stop penularan DBD agar KLB tidak meluas," kata Nadia.

Selain itu, ada pula upaya pencegahan yang dilakukan oleh masyarakat dengan 3M+.

"Upayanya kita pencegahan. Dari dulu sudah ada gerakan 3M+, yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas," kata Nadia.

Barang bekas seperti ban bekas, lanjut Nadia, bisa menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk penyebab demam berdarah apabila terdapat genangan air. Padahal menurutnya barang bekas itu bisa didaur ulang menjadi barang bernilai untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

"Plusnya kita menggunakan ikan pemakan jentik. Jadi apabila di dalam rumah ada tanaman berisikan air, nah air itu juga bisa menjadi tempat berkembangbiak jentik nyamuk penyebab demam berdarah. Sebaiknya disana ada ikan pemakan jentik nyamuk," jelas dia.

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menaburkan larvasida atau obat pembunuh jentik nyamuk untuk tempat yang tidak mungkin dilakukan pengurasan air atau mengeringkan air.

Virus dengue biasanya menginfeksi nyamuk Aedes betina saat menghisap darah dari seseorang yang sedang dalam fase demam akut (viraemia), yaitu dua hari sebelum panas sampai lima hari setelah demam timbul.

Nyamuk menjadi infektif di hari ke delapan sampai ke-12 sesudah menghisap darah penderita yang sedang viremia dan tetap infektif selama hidupnya.

Setelah melalui periode inkubasi ekstrinsik tersebut, kelenjar ludah nyamuk bersangkutan akan terinfeksi dan virusnya akan ditularkan ketika nyamuk tersebut menggigit dan mengeluarkan cairan ludahnya ke dalam luka gigitan ke tubuh orang lain.

DBD menyerang pembuluh darah yang menyebabkan indikator trombosit turun drastis. Kasus meninggalnya seseorang karena mengalami shock pembuluh darah.

"Penting kita memutuskan rantai penularan mulai nyamuk pradewasa sampai nyamuk dewasa. Langkahnya dengan 3M+ tadi dan jangan sampai ada genangan air di lingkungan tempat tinggal kita," kata Nadia.

Pencegahan harus dilakukan di tatanan keluarga. Setiap keluarga harus memastikan langkah pencegahan 3M+ dilakukan. Masyarakat diimbau agar waspada terhadap DBD, apabila terasa demam harus segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit.

Selain itu diharapkan seluruh sekolah, mulai dari SD, SMP sampai SMA dan setaranya mewaspadai DBD melalui kegiatan UKS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Semakin Banyak Keluarga Kaya Tiongkok Pindahkan Hartanya ke Singapura

Singapura kini melihat semakin banyak masuknya keluarga kaya Tiongkok yang ingin melindungi harta kekayaan mereka dari Partai Komunis Tiongkok,

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Dipanggil Polda Metro Jaya

Bripka Madih dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus polisi peras polisi. Bripka Madih mengaku diperas penyidik terkait kasus sengketa tanah keluarganya.

NEWS | 5 Februari 2023

Pakistan Blokir Wikipedia karena Konten Penghujatan

Wikipedia diblokir di Pakistan pada hari Sabtu (4/2/2023) setelah pihak berwenang menyensor situs web karena menampung "konten yang menghujat".

NEWS | 5 Februari 2023

Paus Terlilit Jaring Nelayan Selama 4 Hari di Pantai Pasir Kandang Padang

Seekor paus terlilit tali jaring nelayan selama empat hari di Pantai Pasir Kandang, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Koto Tangah Kota Padang Sumatera Barat. 

NEWS | 5 Februari 2023

Saksi: Hasya Mahasiswa UI Masih Bernafas Usai Kecelakaan

Aprian (21), salah satu saksi mengungkapkan Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak masih sempat bernafas usai kecelakaan. 

NEWS | 5 Februari 2023

RS Muhammadiyah Palembang Nonaktifkan Perawat yang Sebabkan Jari Bayi Putus

RS Muhammadiyah Palembang menonaktifkan perawat yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Dianggap Berlebihan, Tiongkok Kecam AS Soal Penembakan Balon Mata-mata

Tiongkok kecam AS yang menembak jatuh balon mata-mata yang terlihat terbang di atas Amerika Utara.

NEWS | 5 Februari 2023

Akses Jalan Tertimbun Longsor, Ribuan Warga Toraja Utara Terisolasi

Ribuan warga Toraja Utara terisolasi akibat akses jalan penghubung kecamatan di Dusun Kurra, Lembang To’yasa Akung tertimbun longsor. 

NEWS | 5 Februari 2023

Elon Musk Siap Luncurkan Roket Starship pada Maret Mendatang

Bos SpaceX Elon Musk pada Sabtu (4/2/2023) mencuit di Twitter, ia akan meluncurkan sistem roket Starship pada bulan Maret mendatang.

NEWS | 5 Februari 2023

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE