Logo BeritaSatu

Kasus Pembobolan Data Milik Denny Siregar Perlu Jadi Perhatian Serius

Senin, 13 Juli 2020 | 21:41 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com – Kasus pembobolan data milik pegiat media sosial Denny Siregar dinilai perlu menjadi perhatian serius. Anggapan publik selama ini bahwa keamanan informasi data telekomunikasi akan sulit dibobol ternyata keliru.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arief Poyuono menegaskan kasus itu jangan dipandang biasa-biasa saja. Sebab pembobolan data dapat terjadi di sektor perbankan, energi, jasa pelabuhan dan lain-lain.

“Ini bukan kasus sembarangan lho. Bukan persoalan siapa tersangkanya, tetapi bayangkan saja, seseorang bisa mencomot kapan data penting di Telkomsel yang bisa saja untuk kepentingan politik dan tujuan tertentu. Saya kira, kasus ini bisa menyeret tersangka lain,” kata Arief, Senin (13/7/2020).

Arief mengingatkan tidak tertutup kemungkinan pejabat negara pun dibobol datanya. “Bisa jadi, percakapan menteri sampai presiden juga disadap atau dibobol datanya,” ujar wakil ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya tersebut.

Arief berharap manajemen Telkomsel melakukan screening atau pemeriksaan kepada pegawai yang memiliki akses dan bertanggung jawab atas semua data pelanggan Telkomsel. Hal ini penting untuk memastikan para pegawai tidak tercemar moral buruk.

Selain itu juga demi menjaga kerahasiaan pelanggan Telkomsel. Menurut Arief, screening nantinya perlu melibatkan Badan Intelejen Negara (BIN). Tidak hanya terhadap pegawai Telkomsel, melainkan seluruh direksi BUMN.

Seperti diketahui, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menangkap karyawan Telkomsel yang diduga membocorkan data pribadi Denny Siregar kepada akun Twitter Opposite6890. Penangkapan itu atas dasar laporan yang dilakukan Telkomsel ke Bareskrim pada 8 Juli 2020.

Pembobol diketahui merupakan karyawan outsourcing Telkomsel di Ruko Grapari, Krukut, Surabaya, Jawa Timur yang bertugas sebagai customer service. Posisinya ini membuat pelaku memiliki akses terbatas terhadap data pribadi pelanggan.

Pelaku dijerat Pasal 46 dan 48 Undang-Undang (UU) 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 50 UU 36/1999 tentang Telekomunikasi, Pasal 362 KUHP, dan Pasal 95 UU 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan dengan ancaman 10 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 53 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE