Logo BeritaSatu

Menpora Siapkan Grand Design Pembinaan Olahraga

Kamis, 10 September 2020 | 08:29 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah mempersiapkan grand design pembinaan olahraga untuk meningkatkan prestasi olahraga.

Pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada Menpora bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia untuk merancang ulang pembinaan atlet. Jokowi menilai Indonesia memiliki populasi yang besar, sehingga tidak memungkinkan negara tidak memiliki banyak atlet yang berbakat.

Advertisement

"Presiden Jokowi menyampaikan agar kita mengevaluasi dan mendesain ulang (redesign) pembinaan olahraga. Kita akan sambut dengan memunculkan grand design olahraga nasional. Kita sudah persiapkan itu. Insya Allah, kalau sudah siap, saya akan langsung laporkan ke Presiden," ungkap Zainudin usai acara puncak Haornas di GOR POPKI Cibubur, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Haornas kali ini mengangkat tiga tema yakni sports science, sport tourism dan sport industry. Ketiga tema ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran masyarakat, mendorong prestasi, serta membangkitkan perekonomian nasional.

Adapun sports science berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam pembinaan olahraga.

"Sports science dapat mengukur dengan tepat, sehingga hasilnya dapat menjadi standar dan panduan untuk pembinaan atlet. Apalagi bila kita berkeinginan menjadi tuan rumah pelaksanaan Olimpiade 2032," kata Zainudin dalam sambutannya.

Oleh karena itu, dirinya mendorong agar talenta muda olahraga berusia 10-13 tahun sudah dipersiapkan menjadi atlet andalan dengan pendampingan sports science yang tepat.

Zainudin menyatakan, Indonesia memiliki kondisi alam baik daratan maupun lautan Indonesia mendukung kegiatan sport tourism. Beberapa kegiatan sport tourism sudah mulai digiatkan adalah Borobudur Marathon dan Tour de Singkarak.

Namun, kegiatan-kegiatan olahraga yang mendatangkan turis masih perlu terus dikembangkan terutama dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah ajang balap MotoGP di Mandalika pada tahun 2021.

"Sementara itu, kegiatan olahraga tidak bisa dipisahkan dari industri baik barang (peralatan olahraga) dan jasa (pengelolaan event-event olahraga). Potensi industri olahraga di Indonesia cukup besar, tetapi kita belum memanfaatkan secara optimal," ungkap Zainudin.

Sebab, masih banyak kebutuhan olahraga yang masih didatangkan dari luar negeri.

"Kalangan industri harus mensosialisasikan kepada stakeholder olahraga untuk semaksimal mungkin menggunakan peralatan olahraga produksi dalam negeri," lanjut Zainudin.

Sebagai tindak lanjut tiga tema Haornas tersebut, Kempora telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Kementerian Perindustrian (Kemperin) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) pada Jumat lalu (4/9/2020).

Untuk bidang sports science, penandatanganan MoU bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) yang juga akan melibatkan perguruan tinggi lainnya akan dilakukan usai Haornas.

Pada acara puncak tersebut, Menpora menyerahkan penghargaan Satya Lencana Dharma Olahraga kepada 34 orang dan 148 orang pelaku olahraga berprestasi. Di antaranya adalah Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum PB Wushu Indonesia dan Jonny Supriyanto selaku Ketua Umum PB Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sero Survei Buktikan Kadar Perlindungan Vaksin Tak Berkurang dalam 6 Bulan

Sero Survei Buktikan Kadar Perlindungan Vaksin Tak Berkurang dalam 6 Bulan

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE