Karimun Wagon R Jadi Produk Suzuki Terlaris di Pasar Ekspor

Karimun Wagon R Jadi Produk Suzuki Terlaris di Pasar Ekspor
Suzuki Karimun Wagon R. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / YUD Jumat, 26 Oktober 2018 | 19:20 WIB

Jakarta - Sejak tahun 2014, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah memulai ekspor Karimun Wagon R ke Pakistan. Hingga saat ini, model Low Cost Green Car (LCGC) itu masih menjadi salah satu produk primadona Suzuki di pasar global.

Volume ekspor Karimun Wagon R dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) hingga saat ini sudah mencapai 78.384 unit. Pencapaian tersebut menobatkan Karimun Wagon R sebagai produk Suzuki dengan jumlah ekspor tertinggi dalam bentuk CKD.

“Perolehan angka ekspor Karimun Wagon R sangat menarik apabila dicermati peningkatannya. Sejak diekspor ke Pakistan, jumlah permintaannya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tentunya sangat membanggakan bagi kami, karena Karimun Wagon R produksi pabrik Tambun bisa diterima dengan baik di Pakistan," kata Department Head of Export Import PT SIM, Hady Surjono Halim melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (26/10).

Sepanjang periode Januari-September 2018, Suzuki mencatat jumlah ekspor Karimun Wagon R sebanyak 23.712 unit. Performa ekspor Karimun Wagon R pada periode ini meningkat 27 % dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 18.720 unit. Melihat pertumbuhan positif ini, Suzuki menargetkan akan mengapalkan 32.400 unit Karimun Wagon R pada tahun 2018.

Momentum Suzuki memulai ekspor Karimun Wagon R bertepatan dengan maraknya pasar city car di Pakistan, sehingga membuat permintaan ekspor Karimun Wagon R tinggi. Minat yang besar membuat Suzuki optimis dengan menargetkan ekspor Karimun Wagon R tahun 2018 lebih besar 20 % dibandingkan tahun lalu.

“Respons positif dari konsumen Pakistan menjadi bukti bahwa produksi massal Karimun Wagon R di pabrik Suzuki di Tambun sudah memenuhi standar kualitas internasional, sehingga Karimun Wagon R menjadi pilihan favorit konsumen di sana,” ujar Hady.



Sumber: BeritaSatu.com