Perhatikan Lima Hal Ini Sebelum Jual Mobil Bekas

Perhatikan Lima Hal Ini Sebelum Jual Mobil Bekas
Ilustrasi pemeriksaan kendaraan (car inspection). ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Carsome )
Herman / FER Jumat, 12 April 2019 | 21:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menjual mobil bekas terkadang menjadi pekerjaan yang menyulitkan bagi sebagian orang. Apalagi harus bersaing dengan para penjual mobil lain untuk mendapatkan harga terbaik.

Carsome, platform jual mobil bekas, memberikan beberapa tip dan trik untuk untuk membuat harga mobil bekas tetap tinggi.

Kepala Inspektor Carsome, Fransdhika menyampaikan, banyaknya hal yang harus diurus akan berdampak pada persepsi kualitas kendaraan.

"Mengeluarkan sebagian uang untuk memperbaiki mobil sebelum dijual? Kenapa tidak? Selama hal tersebut dapat meningkatkan nilai jual mobil secara lebih dibanding biaya yang kita keluarkan untuk perbaikan,” kata Fransdhika melalui keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com, Jumat (12/4/2019).

Berikut ini tip menjual mobil bekas untuk mendapatkan harga yang tinggi.

1. Kumpulkan semua dokumen

Hal pertama yang diperiksa oleh inspektor mobil adalah dokumen legal dan buku servis. Pastikan Anda dapat menunjukkan kepada mereka BPKB, STNK, dan Faktur. Anda juga perlu memeriksa tanggal jatuh tempo pajak karena itu juga akan memengaruhi penilaian mobil. Dengan menunjukkan semua catatan pemeliharaan dan layanan, hal itu mempermudah inspektor mobil dalam memberi penilaian mobil yang tepat.

2. Buat mobil terlihat 'seperti baru'

Hal terpenting dalam menjual mobil bekas adalah memberi kesan bahwa mobil dirawat dengan baik. Adanya goresan dan noda dapat membuat mobil terlihat lebih murah. Inspektor profesional Carsome merekomendasikan untuk pergi ke bengkel Body dan Detailing sebelum mendaftar untuk dijual. Pastikan bengkel membuat mobil seperti baru lagi dengan menghilangkan goresan dan lecet, memoles body, cuci karpet, membersikan interior, dan banyak lagi. Selain itu Carsome juga menyarankan untuk mengganti karpet dasar dengan yang baru.

3. Pertimbangkan kembali segala modifikasi yang telah dilakukan

Modifikasi seperti pelek atau bemper yang hanya mengesankan penampilan tetapi mempengaruhi kinerja mobil menjadi berat dan boros BBM, lebih baik dikembalikan ke aslinya. Pahami bahwa orang lebih suka melakukan modifikasi sendiri daripada membeli mobil yang sudah dimodifikasi.

4. Perbaiki mesin ke kondisi optimal

Pada blok mesin, periksa apakah ada noda oli atau tidak. Jika ada, itu berarti ada kebocoran di sana dan mungkin memerlukan servis besar. Periksa juga minyak rem untuk memastikan tidak ada kebocoran sebelum inspeksi mobil. Jika tidak yakin apa ada yang salah dengan mobil Anda, lebih baik cek di pusat layanan resmi. Pastikan mesin mobil dalam kondisi prima.

5. Jangan sepelekan asesori

Kebanyakan orang menganggap sepele kelengkapan seperti kunci cadangan, kondisi baterai kunci, dongkrak, kunci ban cadangan yang ternyata menjadi bagian dari checklist Inspektor mobil. Carsome menyarankan untuk menyimpan kelengkapan tersebut dengan baik dan mempersiapkannya untuk inspeksi.



Sumber: BeritaSatu.com