Logo BeritaSatu

Menpora: Besok, Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:44 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Tangerang, Beritasatu.com - Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 siap digelar di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten, 5-10 Desember 2022. Event yang masuk kalender resmi Federasi Wushu Internasional (IWUF) ini melibatkan 807 peserta dari 60 negara dan 2 region (Hong Kong dan Macau) akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 5 Desember 2022.

“Pertama - tama saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas nama pemerintah, kepada Ketua Umum PB Wushu Indonesia (WI), Airlangga Hartarto dan seluruh jajarannya atas terselenggaranya Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Tangerang, Banten, Minggu (4/12/2022).

Advertisement

Apa yang diungkapkan Menpora Amali cukup beralasan. Pasalnya, Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII ini mencatat peserta terbanyak dari penyelenggaraan sebelumnya. Apalagi, event ini menjadi tolok ukur buat menyambut Youth Olympic Games 2022 Dakkar, Senegal.

"Sekali lagi saya sangat berterimakasih atas terselenggaranya kejuaraan dunia yang menjadi ajang persiapan menuju Youth Olympic Games 2022 Dakkar. Wushu itu juga termasuk salah satu dari 14 cabang olahraga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sasaran utamanya prestasi dunia," jelas Menpora Amali.

Sekretaris Jenderal IWUF, Zhang Qiuping juga mengakui Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 ini mencatat paling banyak melibatkan negara peserta.

Zhang Quiping yang berbicara atas nama Presiden IWUF juga menyampaikan apresiasi luar biasa kepada tuan rumah Kabupaten Tangerang, panitia lokal, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

"Kami sangat bersemangat dengan adanya Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang ke-8 di Indonesia. Ini merupakan kompetisi akbar pertama sejak pandemi global berlangsung, dan saya dapat merasakan kesenangan dan kebahagiaan dari para atlet muda ini karena dapat berpartisipasi secara langsung dan bukan secara virtual," urai Zhang.

Dia merasa yakin event wushu ini juga akan menggemakan kecintaan Indonesia terhadap olahraga, khususnya budaya wushu yang begitu aktif dan penuh semangat.

"Wushu dapat memberikan keseimbangan tubuh dan pikiran yang ideal. Keluarga besar wushu global mengusung semangat persahabatan, solidaritas, dan kedamaian, komunitas kami saat ini mencakup berbagai generasi dan menarik lebih banyak anak muda di seluruh dunia," jelas Zhang.

Zhang Quiping mengakui PB WI merupakan salah satu dari 158 anggota IWF yang paling aktif dan antusias, selalu membawa tim yang besar dan sukses di berbagai kejuaraan internasional.

"Barangkali, pencapaian IWUF yang paling membahagiakan adalah berhasil secara membawa wushu untuk dipertandingkan secara resmi pada Youth Olympic Games 2026 Dakar nanti. Dan, itu hanya 4 tahun lagi. Ini membuat kita lebih dekat dengan Olimpiade. Pastinya, kita memiliki banyak calon juara muda olimpiade berkumpul pada kejuaraan wushu junior ini," pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tantangan Tim Piala Davis Indonesia Masih Berlanjut

Tim Piala Davis Indonesia berhasil memenangi babak play off dan bertahan di Grup II Davis Cup usai menekuk Vietnam, 3-2.

SPORT | 6 Februari 2023

Piala Davis 2023: Tekuk Vietnam, Indonesia Bertahan di Grup Dunia II

Indonesia bertahan di Grup Dunia ll Piala Davis 2023, setelah mengalahkan Vietnam 3-2 pada babak play off, Minggu (5/2/2023).

SPORT | 5 Februari 2023

Tekuk Pertamina, STIN BIN Tempati Posisi Teratas Klasemen Proliga

Tim putra Jakarta STIN BIN menempati posisi teratas klasemen sementara PLN Mobile Proliga 2023 usai menundukkan Jakarta Pertamina Pertamax, 3-2.

SPORT | 5 Februari 2023

BNI 46 Buka Peluang Lolos ke Final Four Proliga

Tim putra Jakarta BNI 46 membuka peluang lolos ke final four PLN Mobile Proliga 2023 usai menundukkan Kudus Sukun Badak, 3-0.

SPORT | 5 Februari 2023

Herry IP: Meski Juara, Performa Leo/Daniel di Final Thailand Masters Tidak Maksimal

Herry IP mengungkapkan Leo/Daniel tidak dalam performa terbaiknya meski menjuarai Thailand Masters 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

The Babies Juara Thailand Masters kendati Leo FLu dan Kaki Daniel Nyeri

The Babies ini bersyukur bisa juara Thailand Masters meski Leo kurang fit karena flu dan Daniel juga masih merasakan nyeri pada kakinya.

SPORT | 5 Februari 2023

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023

Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Leo/Daniel) menjadi juara Thailand Masters 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

F1: Vertappen Waspadai Ancaman Ferrari dan Mercedes

Max Verstappen yang meraih rekor 15 kemenangan dan 454 poin selama musim 2022 menilai kedua tim memiliki performa yang baik dan cenderung meningkat.

SPORT | 5 Februari 2023

MotoGP: Ducati Tak Cemas dengan Kepindahan Jack Miller ke KTM

Jack Miller telah menjadi bagian penting dalam pengembangan motor Ducati yang kini memutuskan hengkang ke KTM dalam balapan MotoGP 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

Thailand Masters 2023: Leo/Daniel Harapan Tersisa Indonesia Raih Gelar

Dengan ini Leo/Daniel akan menghadapi pasangan Taiwan, Su Ching Hen/Ye Hong Wei di babak final Thailand Masters 2023

SPORT | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gaya Hidup Modern, Diabetes Banyak Menyerang Remaja

Gaya Hidup Modern, Diabetes Banyak Menyerang Remaja

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE