Logo BeritaSatu

Verstappen Juara GP Azerbaijan, Duo Ferrari Gagal Finis

Minggu, 12 Juni 2022 | 21:49 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pembalap Red Bull Max Verstappen sukses menjadi juara Formula 1 seri Grand Prix Azerbaijan, Minggu (12/6/2022). Kemenangan ini memperlebar jaraknya dari Charles Leclerc yang gagal finis di Baku.

Sergio Perez membantu Red Bull finis 1-2, meraih poin maksimal di Baku dengan satu poin tambahan untuk lap tercepat, setelah melintasi garis finis 20,823 detik berselang dari rekan satu timnya.

Advertisement

George Russell melengkapi podium setelah membawa Mercedes finis P3 untuk ketiga kalinya musim ini, sedangkan tandemnya, Lewis Hamilton menuai hasil positif di P4.

Sementara itu Ferrari mendapati pukulan berat dalam perebutan gelar F1. Dalam Grand Prix Azerbaijan kali ini kedua pembalap mereka; Charles Leclerc dan Carlos Sainz, gagal finis karena masalah teknis.

Bencana pertama bagi Ferrari terjadi di lap ke-9 ketika Sainz menghentikan mobilnya di tikungan 4 karena masalah hidrolik. Hal ini menyebabkan DNF ketiga bagi pembalap Spanyol tersebut pada musim ini.

Insiden itu menyebabkan periode virtual safety car yang dimanfaatkan oleh Charles Leclerc untuk pitstop lebih awal untuk ban hard.

Duet Red Bull memilih strategi pitstop lebih larut di lap ke-17 dan 19, yang membuat Leclerc mewarisi posisi pimpinan lomba.

Akan tetapi, ketika memimpin dengan keunggulan lebih dari 13 detik dari Verstappen, Leclerc mendapati kepulan asap di bagian belakang mobilnya dan harus menyudahi balapan di lap 20. Itu merupakan DNF kedua bagi sang pembalap Monako dalam tiga balapan terakhir.

"Ini menyakitkan, kami perlu meninjaunya sehingga ini tidak terjadi lagi. Saya tidak memiliki kata-kata yang tepat untuk menggambarkannya, ini sangat-sangat mengecewakan," kata Leclerc, yang mengawali lomba sebagai polesitter namun kehilangan posisinya di tikungan pertama karena manuver Perez.

Dengan kemenangan keempatnya musim ini, Verstappen masih memegang kendali puncak klasemen dengan koleksi 150 poin di saat Perez naik ke peringkat dua dengan margin 21 poin.

Leclerc turun ke peringkat tiga dengan 116 poin, dibayangi oleh Russell dengan 99 poin dan Sainz di lima besar dengan 83 poin setelah delapan balapan.

"Hari ini kami memiliki kecepatan yang luar biasa dengan mobil ini, kami dapat menjaga umur ban... Sedikit diuntungkan dengan (lawan yang) gagal finis tapi mobil ini cepat hari ini," kata Verstappen, yang tahun lalu kehilangan kesempatan menang karena pecah ban lima lap jelang finis di Baku.

Pembalap AlphaTauri Pierre Gasly finis P5 di depan Sebastian yang mendapatkan hasil terbaiknya bersama Aston Martin musim ini di P6.

Fernando Alonso untuk kedua kali secara beruntun finis P7, mengalahkan duet McLaren; Daniel Ricciardo dan Lando Norris, di saat tandemnya, Esteban Ocon membawa pulang satu poin terakhir untuk tim Alpine di P10.

Kevin Magnussen (Haas) dan Zhou Guanyu (Alfa Romeo) menambah daftar pebalap dengan mesin Ferrari yang mengalami masalah teknis dan gagal finis di Baku.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: F1

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PBSI Andalkan Sektor Putra Rebut Gelar di BWF World Championship

Indonesia mengirimkan empat pasangan di sektor ganda putra dan empat tunggal putra termasuk Tommy Sugiarto di BWF World Championship.

SPORT | 15 Agustus 2022

Gulat Tangan Fest Sediakan Hadiah Terbesar di Indonesia

Kejuaraan Gulat Tangan Fest menyediakan hadiah uang total Rp 250 juta bagi para juara Vier World Arm Wrestling 2022.

SPORT | 15 Agustus 2022

Rodtang Jitmuangnon, Manusia Besi yang Bertarung Melawan Kanker dan Kemiskinan

Semenjak berkompetisi di One Championship pada 2018, Rodtang Jitmuangnon belum pernah terkalahkan dalam Muay Thai maupun kickboxing.

SPORT | 14 Agustus 2022

Hubdam II/Swj Asah Kemampuan Digital Lewat Turnamen PUBG Mobile

Menurut Kahubdam II/Swj Kolonel Chb Mohamad Nazar permainan PUBG mobile membantu meningkatkan kemampuan digital anggotanya. 

SPORT | 14 Agustus 2022

Rans PIK Paksa Pelita Jaya Bakrie Mainkan Gim Ketiga Playoff IBL 2022

Rans PIK berhasil membalas kekalahan mereka di laga pertama usai menang 65-58 demi membuat kedudukan menjadi seri 1-1 di playoff IBL.

SPORT | 14 Agustus 2022

Gus Nabil: Pendekar Pencak Silat Junjung Pancasila

Muchamad Nabil Haroen atau disapa Gus Nabil menegaskan pendekar pencak silat menjunjung nilai-nilai Pancasila.

SPORT | 13 Agustus 2022

Nathan/Christo Harus Puas Jadi Runner Up Amman International

Pasangan Indonesia Nathan/Christo harus puas berada di posisi kedua turnamen Amman International Tennis Champhionships 2022.

SPORT | 13 Agustus 2022

Sambut HUT RI, Ribuan Masyarakat Teluknaga Ikuti Fun Bike

Ribuan masyarakat Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia dengan menggelar sepeda santai, Sabtu (13/8/2022).

SPORT | 13 Agustus 2022

Tiga Putri Bersaudara Asal Indonesia Juarai Skate Asia 2022

Tiga atlet ice skating, Malaika Khadija Fatiha, Mikaila Kaia Fathima, dan Medina Khaira Fastabiqa menduduki posisi pertama di ajang Skate Asia 2022.

SPORT | 13 Agustus 2022

Playoff IBL: Sengit, Satria Muda Taklukkan Amartha Hangtuah

Dalam pertandingan playoff IBL yang ketat Satria Muda menang dengan skor tipis 88-86 di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (13/8/2022).

SPORT | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings