Logo BeritaSatu

Sainz Klaim Kemenangan Perdana Formula 1 di Inggris

Senin, 4 Juli 2022 | 06:58 WIB
Oleh : JAS

London, Beritasatu.com - Carlos Sainz meraih kemenangan perdana di Formula 1 pada balapan ke-150 dalam kariernya setelah merampungkan Grand Prix Inggris yang sempat dihentikan sementara karena drama lap pembuka, Minggu (3/7/2022).

Sergio Perez, yang mengalami kerusakan sayap depan dan harus menjalani pitstop lebih awal, finis 3,779 detik di belakang pembalap Ferrari demi mengamankan P2 untuk Red Bull di saat rekan satu timnya, Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

Advertisement

Lewis Hamilton mendapat dorongan semangat dari para pendukung tuan rumah setelah sempat memimpin lomba beberapa putaran sejak lap ke-26.

Sang pebalap Mercedes akhirnya finis P3 demi podium setelah mengalahkan Charles Leclerc yang harus kehilangan peluang juara karena kesalahan strategi Ferrari yang memutuskan sang pembalap Monako bertahan dengan ban hard di saat para rivalnya berganti ban soft menyusul safety car pada lap ke-39 karena mobil Alpine Esteban Ocon mogok di lintasan lurus utama.

"Saya tidak tahu berkata apa, ini luar biasa. Kemenangan pertama setelah 150 balapan, dengan Ferrari dan di Silverstone," kata Sainz dikutip laman resmi Formula 1.

"Lewis mengejar, saya dengar, tapi saya berhasil bertahan. Ini tidak mudah, saya kewalahan dengan keseimbangan di stint pertama.... Kemudian safety car memberi kami peluang untuk bangkit dan kami melakukannya."

Fernando Alonso melengkapi peringkat lima besar untuk tim Alpine, di depan Lando Norris yang finis P6 untuk McLaren.

Haas meraih poin ganda lewat Mick Schumacher, yang untuk pertama kali finis dengan poin di tahun awalnya di P8, di depan Sebastian Vettel (Aston Martin) dan rekan satu timnya, Kevin Magnussen.

Balapan sempat dihentikan setelah lap pertama menyusul kecelakaan beruntun yang mengirim mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu terbalik dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Alexander Albon, Sebastian Vettel, dan Esteban Ocon terlibat di kecelakaan terpisah setelah start. Sang pembalap Williams mendapati mobilnya menabrak pagar sisi kanan saat berupaya mengerem menghindari kecelakaan.

Setelah restart, Verstappen sempat mencuri posisi pimpinan lomba pada lap ke-10 saat Sainz melakukan kesalahan di Beckett, akan tetapi dua lap berselang sang pebalap Red Bull tampak mengalami kendala dengan bannya sebelum terpaksa melakukan pitstop.

"Mobil ini rusak 100%," keluh Verstappen lewat radio sebelum kembali mengeluh kehilangan grip depan dan belakang.

Meski finis P7, Verstappen mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 181 poin, sedangkan Perez memangkas jaraknya menjadi 34 poin setelah 10 balapan.

Leclerc di peringkat tiga dengan 138 poin diikuti Sainz yang berjarak 11 poin di peringkat empat.

Sirkus Formula 1 akan dilanjutkan ke Red Bull Ring, Austria pekan depan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA/F1

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jurnalis Pencinta Olahraga Akan Gelar Chemonk Bike Camp

Jurnalis Pencinta Olahraga Sepeda bersama Kampung Agrinex akan menggelar Chemonk Bike Camp di Pandeglang, Banten pada 26-28 Agustus 2022.

SPORT | 20 Agustus 2022

BWF World Championship: 65.000 WNI di Jepang Siap Beri Dukungan ke Pemain

Kontingen bulutangkis Indonesia akan bertanding pada BWF World Championship 2022 pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

SPORT | 19 Agustus 2022

Princess Mary Kuasai Klasemen Golf Simone Asia Pacific Cup

Princess Mary Superal merebut posisi puncak leaderboard round kedua turnamen Simone Asia Pacific Golf di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

SPORT | 19 Agustus 2022

One Championship Sajikan Duel Trilogi Xiong Jing Nan Lawan Angela Lee

Duel Xiong Jing Nan melawan Angela Lee diprediksi sengit karena dalam dua pertemuan mereka sebelumnya di One Championship pernah saling mengalahkan.

SPORT | 19 Agustus 2022

PCI dan ICC Pamerkan Trofi Piala Dunia Kriket di Bali dan Jakarta

Trofi Piala Dunia Kriket sudah dipamerkan di Bali selama dua hari yakni 16-17 Agustus dan di Hotel The Ritz Carlton, Kuningan Jakarta.

SPORT | 18 Agustus 2022

So Yeon Ryu Pimpin Turnamen Golf Simone Asia Pacific Cup

Pegolf So Yeon Ryu dari Korea Selatan langsung melesat ke puncak klasemen sementara turnamen golf Simone Asia Pacific Cup dengan 65 pukulan.

SPORT | 18 Agustus 2022

BWF World Championship: Dua Ganda Putri Diharapkan Bisa Raih Medali

Pasangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi diharapkan bisa raih medali di BWF World Championship.

SPORT | 18 Agustus 2022

LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun di Lakers

Kesepakatan itu sudah termasuk opsi musim 2024-2025, di mana LeBron James berkesempatan tampil bersama putranya Bronny yang kini berusia 17 tahun.

SPORT | 18 Agustus 2022

Hasil Musorprov KONI DKI Jakarta Digugat ke BAORI

Musorprov (Musyawarah Olah Raga Provinsi) pada 12 Maret 2022 digugat ke BAORI (Badan Arbitrase Olah Raga Indonesia).

SPORT | 17 Agustus 2022

Ini Cara Pembalap Cilik Abyan Aqila Rayakan HUT RI

Pembalap cilik Abyan Aqila merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, pada Rabu (17/8/2022) dengan mengibarkan bendera Merah Putih di Sirkuit Sentul.

SPORT | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahfud MD: Birokrasi Korup Hambat Pelayanan Publik

Mahfud MD: Birokrasi Korup Hambat Pelayanan Publik

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings