Bappenas Optimistis PDB Kuartal-I 2016 Melampaui 5,04%

Bappenas Optimistis PDB Kuartal-I 2016 Melampaui 5,04%
Ilustrasi ( Foto: Antara/Sigid Kurniawan )
Yosi Winosa / PCN Jumat, 5 Februari 2016 | 19:47 WIB

Jakarta -Badan Perencanaan Pembangunan Nasionan Nasional (Bappenas) optimistis PDB kurtal-I 2016 bisa melampaui 5,04% seiring berbagai implementasi reformasi struktural perekonomian seperti deregulasi untuk kemudahan investasi, percepatan penyerapan APBN, dan juga diversifikasi ekspor yang konsisten dijalankan untuk mempertahankan tren positif pertumbuhan ekonomi yang diraih di triwulan IV 2015.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Leonard Tampubolon berharap tren pemulihan ekonomi yang terlihat di triwulan IV 2015, bisa meningkat di semester I 2016, karena sejak semester kedua 2015, pemerintah sudah mengeluarkan paket-paket kebijakan yang menyasar segala sektor.

"Setidaknya, dengan terus melakukan upaya (perbaikan investasi, percepatan penyerapan anggaran) target di APBN 2016 untuk pertumbuhan 5,3 persen bisa tercapai," kata dia kepada Beritasatu.com, Jumat (5/2).

Leonard menambahkan, pemulihan di triwulan terakhir 2015 sebagian besar disebabkan percepatan realisasi anggaran pemerintah.

Seperti diketahui, pemerintah merealisasikan belanja pemerintah pusat sebesar Rp 724,7 triliun atau 91,1 persen dari total APBNP 2015 yang mencapai Rp 795,5 triliun. Namun, sebagian besar penyerapan anggaran dilakukan di dua triwulan terakhir 2015.

"Sebaiknya, realisasi anggaran, khususnya anggaran belanja modal, harus dilakukan sejak awal tahun," tambahnya.

Leonard mengatakan, percepatan realisasi anggaran pemerintah untuk proyek-proyek pembangunan di dua triwulan terakhir telah memacu investasi dan konsumsi swasta. "Maka itu, penyerapan anggaran di awal, perbaikan iklim investasi harus terus dipertahankan," kata Leonard.

Sumber: BeritaSatu.com