Logo BeritaSatu

Stok Melimpah, Indonesia Berpeluang Ekspor Beras dan Jagung

Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:51 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Divisi Pengadaan Komoditi Perum Bulog Budi Cahyanto mengungkapkan, Indonesia sebetulnya berpotensi untuk melakukan ekspor beras.

Apalagi dari sisi jumlah produksi, Indonesia ada di urutan kedua terbesar di bawah Tiongkok. Sudah 3 tahun lamanya Indonesia juga tidak pernah lagi impor beras karena kondisi stok beras yang cukup.

"Jangan lupa juga, Indonesia itu sebenarnya merupakan produsen terbesar kedua di dunia untuk beras. Hanya saja memang konsumsi kita tinggi. Produksi pertama itu ada di Tiongkok, kemudian yang kedua Indonesia. Jadi sebetulnya menurut saya Indonesia punya potensi untuk melakukan ekspor,” kata Budi dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Tantangan Ketahanan Pangan Hadapi Krisis Global”, Jumat (19/8/2022).

Bila nantinya Indonesia melakukan ekspor, Budi mengatakan nantinya beras yang diekspor adalah yang jenisnya hanya ada di Indonesia.

"Kita orientasikan nanti ekspor beras yang kita lakukan adalah beras-beras yang memang khusus ada di Indonesia, misalnya pandan wangi, rojolele, mentik wangi atau beras mentik yang memang barangkali itu tidak ada di dunia. Ini tantangan ke depan bagaimana Bulog mungkin barangkali bisa membuka peluang ekspor beras ke negara-negara yang memang membutuhkan," kata Budi.

Untuk komoditas lain seperti jagung, Budi juga melihat ada peluang untuk diekspor. Apalagi surplus produksinya bisa mencapai 3 juta ton. Hanya saja masih ada tantangan karena kekurangan mesin pengering atau dryer.

“Jadi ketika panen secara bersama-sama, jagung biasanya mengalami proses suplai yang terlalu tinggi. Sementara ini kan jenis pangan yang harus kita keringkan, sementara pada periode berikutnya setelah panen itu biasanya mengalami proses potensi adanya terkena jamur dan lain-lain," kata Budi.

Budi melanjutkan, sehingga pada saat yang sama Bulog mesti bergerak menyerap jagung sebanyak-banyaknya. Kemudian melakukan proses pengeringan.

"Ketika pada saat bulan di mana kita kekurangan jagung, kita bisa mendapatkan dari jagung yang sudah di-dryer tadi. Bulog ke depan terus berupaya menyiapkan diri, nanti kita punya beberapa dryer yang sedang dibangun saat ini yang Inshaallah akan selesai di bulan Desember,” kata Budi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Supersibuk, Elon Musk Punya 27 Tangan Kanan di Tesla

CEO Tesla Elon Musk disebut memiliki 27 orang deputi di Tesla yang melapor langsung ke dirinya. Ini belum termasuk eksekutif di SpaceX dan Boring Co.

EKONOMI | 25 September 2022

Era Inflasi Tinggi, Ini Respons Suku Bunga Bank Sentral Dunia

Inflasi di AS mencapai 8,3%, Inggris mencapai 9,9%, tetapi kedua negara ini tidak seberapa dibanding Turki yang ada di kisaran 80%.

EKONOMI | 25 September 2022

Info Loker, Freeport Buka 4 Lowongan Kerja di Jawa Timur

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka empat lowongan kerja bagi sarjana teknik untuk proyek smelter Manyar di Jawa Timur.

EKONOMI | 25 September 2022

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PDIP Minta Andi Arief Hentikan Opini Soal Utusan Jokowi Bertemu Lukas Enembe

PDIP Minta Andi Arief Hentikan Opini Soal Utusan Jokowi Bertemu Lukas Enembe

NEWS | 6 menit yang lalu








Hasil Lengkap MotoGP Jepang

SPORT | 38 menit yang lalu


CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings