Tumbang di Malaysia, Indonesia Tetap Juru Kunci

Tumbang di Malaysia, Indonesia Tetap Juru Kunci
Pesepak bola timnas Thailand Supachai Chaideo (atas) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Indonesia Rudollf Yanto Basna (tengah) saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa 10 September 2019. ( Foto: Antara Foto / Nova Wahyudi )
Jaja Suteja/ANTARA / JAS Selasa, 19 November 2019 | 21:51 WIB

Kuala Lumpur, Beritasatu.com - Tim nasional Indonesia menelan kekalahan skor 0-2 dari tuan rumah Malaysia dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019). Duo gol yang bersarang di Indonesia diborong oleh Safawi Rasyid.

Ini merupakan kekalahan kelima yang diderita Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya Indonesia menelan kekalahan ketika bertemu Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab. Indonesia tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi dalam kualifikasi kali ini.

Dalam pertandingan di Stadion Bukit Jalil, Malaysia tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. Sementara Indonesia, yang tidak menurunkan penyerang murni di lini depan, mengandalkan serangan balik untuk membongkar pertahanan lawan.

Namun, meski mendapatkan tekanan, Indonesia menjadi tim pertama yang mendapatkan peluang bersih untuk mencetak gol.

Pada menit ke-20, Greg Nwokolo yang dipasang sebagai penyerang tengah berhasil mengirimkan bola kepada Febri Hariyadi di sisi kanan.

Namun, sepakan Febri yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper dapat ditepis dengan baik oleh penjaga gawang Khairulazhan bin Mohd Khalid.

Aksi Khairullazhan harus berujung buruk sebab setelahnya ia mengalami cedera dan langsung ditarik keluar digantikan Mohd. Farizal Marlias.

Petaka bagi Indonesia datang pada menit ke-30. Pelanggaran kapten Rudolof Yanto Basna sekira satu meter di depan kotak penalti berbuah tendangan bebas yang dieksekusi menjadi gol oleh Muhammad Safawi Rasyid.

Tertinggal satu gol, Indonesia berupaya untuk menyerang balik. Akan tetapi, lagi-lagi peluang emas yang diperoleh pada menit ke-37 melayang begitu saja ketika Greg Nwokolo gagal memasukkan bola ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper Malaysia lantaran bola mengenai kaki bek lawan.

Setelah itu, tidak ada gol lain tercipta. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Malaysia bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Pada babak kedua, Indonesia tampil lebih menyerang dibanding babak pertama. Di babak setelah jeda ini Yeyen Tumena menarik Greg Nwokolo dan menggantinya dengan Osas Saha.

Gawang Indonesia kembali bergetar pada menit ke-73. Kesalahan yang dilakukan Yanto Basna membuat Safawi Rasyid dengan leluasa melepaskan tembakan kaki kiri nan keras dari sudut sulit dan membuat gawang Muhammad Ridho bobol untuk kedua kalinya.

Gol kedua ini seolah meruntuhkan moral Indonesia yang tengah berupaya membangun serangan untuk menyamakan kedudukan. Setlah gol kedua ini Malaysia bermain lebih santai dan berupaya membuang waktu sambil sesekali melakukan serangan.

Sementara upaya Indonesia untuk mencetak gol tak juga terwujud. Beberapa peluang tercipta namun tak jua membuahkan gol bagi Indonesia.

Indonesia sebenarnya berpeluang besar untuk memperkecil ketinggalan pada menit ke-82. Tim tamu mendapat hadiah penalti setelah Febri Hariyadi dilanggar kiper lawan.

Namun Osas Saha yang yang dipercaya menjadi algojo gagal mencetak gol. Tendangannya berhasil dibaca kiper Malaysia dan ditangkap dengan sempurna oleh Farizal Marlias. 

Tim Merah pun menyerah 0-2 dan menelan kekalahan untuk kelima kalinya sekaligus tetap berada di posisi juru kunci Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.



Sumber: BeritaSatu.com