Logo BeritaSatu

Menteri Susi Resmikan Galeri BMKT

Selasa, 14 Maret 2017 | 08:15 WIB
Oleh : Damiana Ningsih / WBP

Jakarta- Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti meresmikan Galeri Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin malam (13/3). Peresmian dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, di antaranya Tiongkok, Amerika Serikat (AS), Kolumbia, Rusia, Prancis, Italia, dan Mongolia. Selain itu hadir para atase, di antaranya dari Inggris dan Belgia.

Menteri Susi mengatakan, pengelolaan BMKT oleh pemerintah merupakan bagian dari upaya mengembalikan kejayaan laut menyusul visi Indonesia menuju Poros Maritim dunia. "BMKT memiliki nilai sejarah tinggi, tidak terhitung rupiah. Karena itu, pemerintah ingin mengelola BMKT agar pemanfaatannya terorganisasi dan mandiri," kata Susi saat meresmikan Galeri BMKT di Jakarta, Senin malam (13/3).

Advertisement

Galeri tersebut memajang lebih dari 1.500 keping BMKT, di antaranya dari Dinasti Tang (abad IX) dan Dinasti Song (abad XI-XII). Sejumlah barang yang bisa dilihat antara lain vas Liao (abad X), botol hijau dari Dinasti Fatimiyah serta produk massal, seperti mangkuk.

Susi mengatakan, barang-barang yang berasal dari Tiongkok, Spanyol, Inggris, dan Belanda tersebut ditemukan dan diangkat dari perairan Kepulauan Riau, Selat Karimata, Selat Bangka Belitung, dan Laut Jawa.

Meski demikian kata Susi, barang di galeri baru 1 persen dari total BMKT yang dimiliki Indonesia. "Ini baru galeri mini, karena masih 1 lantai. Ke depan, saya berharap bisa ada 1 gedung untuk memajang harta karun bahari dan sejarah Indonesia. Saya ingin BMKT ini bisa dilihat dan dinikmati anak bangsa. BMKT ini merupakan bukti Indonesia sebagai bagian dari sistem perdagangan dunia," kata Susi.

Susi mengharapkan, para kolektor harta karun bahari juga bersedia meminjamkan koleksinya ke Galeri BMKT.

Berdasarkan estimasi yang dikeluarkan Badan Riset Kelautan dan Perikanan tahun 2000, ada 463 titik lokasi kapal tenggelam yang membawa komoditi dan barang dari Tiongkok, Asia Barat, serta Eropa seperti Belanda (VOC), Inggris dan Spanyol. Selain itu, pemerintah memiliki gudang BMKT yang menampung lebih dari 200.000 keping koleksi dari abad IX-XVIII Masehi.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti menambahkan, BMKT memiliki nilai yang kompleks, mulai dari aspek ekonomi, sejarah dan ilmu pengetahuan, teka-teki tentang perdagangan, teknologi perkapalan, serta hubungan antarbangsa.

“Dari sisi ekonomi, setiap lokasi BMKT dapat bernilai antara US$ 80.000 hingga US$ 18 juta. Apabila dimanfaatkan untuk mendukung pariwisata dapat menghasilkan US$ 800 -126.000 per bulan per lokasi. Nilai ini yang kemudian mendasari pemerintah untuk mengelola BMKT dan tidak ingin menyerahkannya kepada pihak lain. Karena BMKT adalah milik bangsa dan identitas kita sebagai negara maritim," kata Brahmantya.





Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Terkoreksi karena Prospek Pasokan Lebih Kuat

Harga minyak ditutup lebih rendah karena indikasi pasokan minyak Rusia yang kuat mengimbangi data pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bersinar! Harga Emas Bukukan Penguatan Mingguan Keenam

Harga emas bertambah tipis pada perdagangan Jumat (27/1/2023), tetapi kenaikannya dibatasi penguatan dolar.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bursa AS Menghijau, Nasdaq Catat Kenaikan Mingguan Keempat

Bursa AS Wall Street termasuk Nasdaq naik dan secara mingguan positif yang dipicu pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 28 Januari 2023

UMKM Dinilai Perlu Pembiayaan Murah dan Proteksi Pasar

UMKM dinilai membutuhkan pendampingan terintegrasi seperti keberpihakan pada pembiayaan murah, proteksi pasar dalam negeri.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Bursa Eropa Menguat Setelah PDB AS di Atas Ekspektasi

Bursa Eropa ditutup menguat setelah pertumbuhan ekonomi atau PDB AS lebih kuat dari yang diharapkan.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pemerintah Perketat Pengawasan Koperasi

Dalam draf RUU Perkoperasian, pengawasan terhadap koperasi akan diperketat untuk mencegah terulangnya kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Threego Indonesia Akselerasi Pertumbuhan Industri Kreatif

Kolaborasi terintegrasi menjadi strategi utama Threego Indonesia untuk memaksimalkan akselerasi pertumbuhan industri kreatif di tanah air.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani: Tahun Politik Jangan Sampai Mengganggu Minat Investasi

Sri Mulyani menegaskan, pemerintah terus memberikan insentif perpajakan dalam bentuk tax allowance dan tax holiday dalam mendorong investasi.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sri Mulyani Apresiasi Ketangguhan Sektor Manufaktur

Sri Mulyani mengatakan, manufaktur menjadi salah satu sektor yang tetap tumbuh di tengah kondisi pandemi covid-19.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PTPP Tempuh Jalur Hukum Atas Gugatan Kembali CV Surya Mas

Bakhtiyar mengatakan, PTPP akan menempuh jalur hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku untuk memulihkan hak-haknya sebagai badan usaha.

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Terkoreksi karena Prospek Pasokan Lebih Kuat

Harga Minyak Terkoreksi karena Prospek Pasokan Lebih Kuat

EKONOMI | 12 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE