Pemilu Aman, Pasar Senang

Pemilu Aman, Pasar Senang
Ilustrasi IHSG. ( Foto: Antara / Sigid Kurniawan )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Kamis, 18 April 2019 | 08:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan akan rally hari ini, Kamis (18/4/2019) karena berdasarkan quick count, Presiden Jokowi memenangkan pemilihan presiden yang dilakukan Rabu (17/4/2019). Demikian menurut hasil riset Mirae Asset Sekuritas hari ini.

Menurut analis Mirae Asset Hariyanto Wijaya, Joko Widodo siap untuk memenangkan pemilihan kembali menjadi presiden Indonesia, bahkan ketika lawannya Prabowo Subianto mengisyaratkan dia akan menantang hasilnya. Partai presiden PDIP juga memiliki keunggulan dalam pemilihan legislatif.

"Kami pikir IHSG akan rally. Pilihan utama kami untuk memonetisasi reli pascapemilu adalah RALS, ACES, BBNI, BBRI, PTPP, dan WIKA," kata dia.

Indeks AS ditutup lebih rendah pada hari Rabu karena penurunan harga saham kesehatan mengimbangi kenaikan harga saham produsen chip. Dow turun 0,01 persen, S&P turun 0,23 persen, sementara Nasdaq tergelincir 0,05 persen. Penurunan sektor kesehatan disebabkan kekhawatiran akan potensi perubahan kebijakan kesehatan di AS. Menurut Wall Street Journal, kesepakatan perdagangan AS-Tiongkok mungkin akan selesai bulan depan. Para pejabat di kedua belah pihak telah menjadwalkan dua putaran pertemuan lagi yang dapat disahkan oleh Presiden Trump dan Presiden Xi secepatnya 27 Mei.

Sementara itu Danareksa Sekuritas menngatakann kemenangan quick count Jokowi akan menjamin kesinambungan kebijakan dan pembangunan infrastruktur dan masuknya capital inflow ke pasar modal dan rupiah.

"Dalam pandangan kami, sentimen yang terpenting dari pemilu kemarin adalah pemilu berjalan aman dan lancar, dengan sedikit gangguan," kata Helmy Kristanto, analis Danareksa dalam risetnya hari ini.

Helmy mengatakan kemenangan Jokowi memberikan dampak positif terhadap pasar karena ini berarti kebijakan-kebijakan pemerintah akan terus berlanjut, seperti pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan dan bantuan sosial.

"Kami percaya kemenangan Jokowi akan meningkatkan kepercayaan pasar, menarik capital inflow dan investor domestik yang sebelumnya mengambil sikap berhati-hati. Dengan masuknya modal ke pasar ekuitas dan obligasi, rupiah akan terapresiasi dan defisit neraca berjalan akan membaik, sehingga membuka peluang bagi Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga. Prediksi kami, hal ini akan terjadi menjelang akhir tahun," kata Helmy.

Danareksa memberikan rekomendasi saham jangka pendek pascapemilu antara lain: WIKA, WSKT dan SMGR untuk sektor konstruksi dann semen. Menjelang Lebaran, Danareksa merekomendasikan ASII, ICBP, HMSP. Untuk saham perbankan dan properti yang sensitif terhadap suku bunga Danareksa merekomendasikan BBNI dan CTRA.



Sumber: BeritaSatu.com