Logo BeritaSatu

Mulai Besok, 165 Petugas Akan Awasi Tempat Hiburan Malam di Jakarta

Kamis, 26 Juni 2014 | 19:51 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / B1

Jakarta - Meski bulan puasa baru akan berjalan beberapa hari lagi, namun sebanyak 165 petugas gabungan dari 30 petugas dari Polda Metro Jaya, 10 petugas dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI, 10 petugas dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI, 75 petugas Satpol PP DKI dan 50 petugas Satpol PP tingkat Kotamadya mulai melakukan pengawasan terhadap tempat hiburan malam yang harus ditutup selama bulan Ramadan.

Pengawasan terhadap tempat hiburan malam akan dimulai besok, Jumat (27/6). Sementara mulai hari ini, ratusan petugas gabungan tersebut akan melakukan penempelan stiker bertuliskan "Tutup" bagi tempat hiburan yang harus tutup selama bulan puasa dan stiker "Buka" bagi tempat hiburan yang boleh buka namun diatur jam operasionalnya.

Kepala Satpol PP DKI, Kukuh Hadi Santoso mengatakan menghadapi bulan Ramadan, seluruh petugas pengawas tempat hiburan gabungan sudah mulai bergerak mulai hari ini, Kamis (26/6) untuk menutup stiker diseluruh tempat hiburan yang ada di Jakarta.

“Kami sudah membentuk pengawasan terhadap operasional tempat hiburan yang diperbolehkan buka pada jam-jam tertentu dan tempat hiburan yang harus tutup selama bulan puasa. Pengawasan akan dimulai besok hingga bulan puasa berakhir. Petugas akan melakukan pengawasan setiap malam,” kata Kukuh di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (26/6).

Kukuh memaparkan, ada sebanyak 1.799 tempat hiburan yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 898 tempat hiburan atau 50 persen yang harus ditutup. Sedangkan 529 tempat hiburan lainnya atau 30 persen boleh buka dengan pembatasan jam operasional. Sisanya, 372 tempat hiburan atau 20 persen boleh dibuka selama bulan puasa.

Ditegaskannya, kebijakan melakukan pengawasan tempat hiburan malam berdasarkan Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) No. 19 tahun 2004 tentang Kepariwisataan dan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 98 tahun 2004 tentang Waktu Penyelenggaraan Industri Pariwisata di DKI Jakarta. Serta Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta No. 15/SE/2014 per tanggal 23 Mei 2014.

“Bagi Satpol PP, pengawasan tempat hiburan malam berdasarkan Perda No. 15 tahun 2011 tentang Perizinan Tempat Usaha,” ujarnya.

Tempat hiburan yang harus ditutup selama bulan puasa adalah, klab malam, diskotek, mandi uap, griya pijat, permainan mesin keeping jenis bola ketangkasan serta usaha bar yang berdiri sendiri dan yang melekat pada klab malam, diskotik, mandi uap, griya pijat dan bola ketangkasan.

Kemudian tempat hiburan yang jam operasionalnya diatur mulai buka pukul 20.30 dan tutup pada 01.30. Terdiri dari karaoke, musik hidup (live music) dan bola sodok yang menjadi fasilitas di karaoke dan live music.

Seluruh tempat hiburan diwajibkan tutup di hari-hari tertentu seperti satu hari sebelum bulan Ramadan, hari pertama bulan Ramadhan dan malam Nuzulul Qur'an. Kemudian tutup satu hari sebelum hari Lebaran hingga hari kedua Lebaran dan satu hari setelah Hari Lebaran.

Tempat hiburan yang diizinkan tetap buka selama Ramadan adalah usaha akomodasi seperti hotel, motel, losmen, resort, penginapan remaja, hunian wisata, caravan, pondok wisata dan wisma. Lalu usaha penyediaan makan dan minum seperti restoran, pusat jajan, jasa boga dan bakeri.

Tempat hiburan lainnya yang boleh tetap buka selama Ramadan adalah usaha jasa pariwisata adalah agen perjalanan, pramuwisata, konsultasi, informasi, manajemen hotel dan ruang pertemuan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Perayaan Natal ini dihadiri oleh lebih dari seratus ribu jemaat GTI se-Jabodetabek, dan perwakilan utusan GTI dari seluruh Indonesia.

NEWS | 3 Desember 2022

Pemkab Bantu Uang Sewa Rumah untuk Korban Gempa Cianjur

Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 500.000 per kepala keluarga (kk) korban gempa Cianjur untuk menyewa rumah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Alokasikan Dana Rp 300.000 Per Bulan untuk Disabilitas

Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sensorik para disabilitas setiap bulannya

NEWS | 3 Desember 2022

Antisipasi PHK, Wapres Ungkap Jurus dari Pemerintah

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah telah menyiapkan program-program padat karya untuk mengantisipasi pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja.

NEWS | 3 Desember 2022

Ini Dua Harapan Moeldoko bagi Panglima TNI Yudo Margono

Moeldoko berharap Panglima TNI Yudo Margono dapat meningkatkan aspek pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI terkait profesionalitas dan kesejahteraan.

NEWS | 3 Desember 2022

BPBD: Belum Tercatat Adanya Kerusakan Akibat Gempa Garut

BPBD Garut memastikan belum tercatat ada kerusakan bangunan atau rumah warga akibat gempa Garut yang berkekuatan 6,1 magnitudo, Sabtu (3/12/2022).

NEWS | 3 Desember 2022

Legislator PDIP Malas Turun ke Tengah Rakyat Tak Akan Diusung Caleg

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP yang menjadi anggota DPR dan DPRD agar turun ke tengah rakyat.

NEWS | 3 Desember 2022

Asosiasi Dai Bantah Bencana Terjadi karena Tak Terapkan Sistem Khilafah

Asosiasi Dai membantah pandangan kelompok radikal yang menyebut bahwa bencana alam yang terjadi di Tanah Air akibat tidak diterapkan sistem khilafah.

NEWS | 3 Desember 2022

Dinsos DKI Jakarta Ungkap Dukungan Fasilitas untuk Disabilitas

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari mengungkap dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para disabilitas.

NEWS | 3 Desember 2022

Adian: Suara Rakyat Tak Perlu Dibayar dengan Uang dalam Amplop

Adian Napitupulu mengingatkan para anggota dan kader PDIP tidak menjadikan rakyat sekadar objek jual beli suara saat pemilu.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

Ratusan Ribu Jemaat Gereja Tiberias Rayakan Natal di GBK

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE