JK: Teknologi Industri 4.0 Tingkatkan Daya Saing

JK: Teknologi Industri 4.0 Tingkatkan Daya Saing
Jusuf Kalla. ( Foto: Antara )
Aichi Halik / AHL Senin, 15 April 2019 | 20:34 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, teknologi industri 4.0 dinilai mampu mendongkrak perusahaan kecil dan menengah di Indonesia berdaya saing di era persaingan global.

"Melalui teknologi perusahaan kecil dapat mendunia, bekerja bisa berubah dimana saja. Perusahaan kecil dan besar tidak bisa dipisahkan lagi," kata Wapres JK pada pembukaan Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019 di Tangerang, Banten, Senin (15/4/2019).

JK juga memberikan apresiasi kepada pengusaha dan profesional yang telah banyak berkontribusi dalam inovasi teknologi 4.0

"Saya sampaikan penghargaan dan apresiasi kepada para pengusaha dan profesional atas pencapaian penghargaan IT 4.0," ujar JK.

Menurut JK, saat ini teknologi industri 4.0 telah merubah sistem kerja di Indonesia.

"Dahulu, laba menjadi keuntungan bagi perusahaan, sekarang di era revolusi industri 4.0, value lah yang menjadi laba bagi perusahaan," ucap JK.

Namun, lanjutnya, penguasaan teknologi dan sistem menjadi inti dari senua perubahan yang saat ini terjadi di industri nasional.

"Perubahan yang terjadi harus ditanggapi dengan cepat. Perubahan juga akan menimbulkan pekerjaan baru, dan tidak menghilangkan pekerjaan yang lama," terang JK.



Sumber: BeritaSatu TV