Logo BeritaSatu

Gojek dan Tokopedia Merger Bentuk GoTo, Ini Tanggapan KPPU

Senin, 17 Mei 2021 | 20:26 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatru.comGojek dan Tokopedia secara resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo. Melalui merger ini, grup GoTo akan membawahi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Ketiganya akan beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri di dalam ekosistem Grup GoTo.

Menyikapi merger dua perusahaan raksasa ini, Ketua Komisi Pengawan Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo mengungkapkan, untuk menilai apakah aktivitas merger Tokopedia dan Gojek melanggar aturan larangan praktik monopoli, KPPU harus melakukan analisis atau investigasi terlebih dahulu. Investigasi baru bisa dilakukan setelah GoTo didaftarkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham). Namun secara kasat mata, Wibowo melihat memang ada potensi penguasaan dari hulu ke hilir.

“Kami baru bisa bicara ada monopoli atau tidak setelah dilakukan analisis. Tetapi secara kasat mata, ada potensi penguasaan. Kalau penguasaan marketplace tidak lah, masih banyak pesaingnya. Kalau penguasaan dari hulu ke hilir dan rantai distribusi, mungkin saja ada. Dalam hal ini ada kemungkinan karena ada banyak jasa tambahan, bukan hanya marketplace, tetapi juga pembayaran dan delivery, ini kan juga sesuatu yang mungkin saja bisa menimbulkan penguasaan pasar. Tapi sekali lagi, ini baru potensi. Semuanya baru bisa terjawab setelah dilakukan analisis,” kata Wibowo saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (17/5/2021).

Apabila dari hasil analisis KPPU potensi tersebut terbukti, KPPU bakal memberikan beberapa rekomendasi perbaikan. Namun Wibowo berharap tidak ada hal yang dilanggar Tokopedia dan Gojek dari hasil merger ini. Apalagi juga sudah ada pedoman yang mengatur tentang hal-hal yang boleh atau tidak dilakukan setelah merger.

“Kalau memang ada yang dilanggar, kita akan berikan rekomendasi perbaikan. Dulu pun saat merger XL Axiata dan Axis, ada beberapa poin perubahan yang harus dilakukan dan itu aman-aman saja. Belum pernah dalam sejarahnya KPPU membubarkan hasil merger,” kata Wibowo.

Grup GoTo memiliki total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari US$ 22 miliar pada 2020, lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020, lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020, lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020, lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU), dan kontribusi sebesar 2% kepada total produk domestik bruto (PDB) Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PTPP Gaet LG CNS Kembangkan Proyek Smart City di IKN

PTPP menjalin kolaborasi dengan LG CNS Company Limited (LG CNS), untuk mengembangkan proyek smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Grab Bantah Klaim Yusuf Mansur Jabat Posisi Komisaris

Grab Indonesia membantah pernyataan Ustaz Yusuf Mansur yang mengatakan dirinya merupakan salah satu Dewan Komisaris Grab Holdings Limited.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Transaksi Kripto di Indonesia Menurun, Apa yang Terjadi?

Total nilai transaksi kripto pada Januari-Agustus 2022 tercatat sebesar Rp 249,3 triliun atau turun 56,35% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Kehadiran Bendungan Tapin Dongkrak Panen Petani Jadi 8 Ton

Bendungan Tapin selain berfungsi memperkuat ketahanan pangan dan mereduksi banjir, juga menjadi sumber air untuk pembangkit listrik serta obyek wisata.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Mungkinkah Oktober Jadi Bulan yang Baik untuk Pasar Kripto?

Pergerakan pasar kripto, terutama aset kripto berkapitalisasi besar seperti Bitcoin, kembali turun, membuat kalangan investor kripto sedikit muram.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Asuransi Aspan dan Pelni Kolaborasi Pengembangan Bisnis

Asuransi Aspan dan PT Pelni (Persero) menjalin kerja sama pemanfaatan jasa dan pengembangan potensi bisnis di antara kedua perusahan.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Tips Membuat Unit Apartemen Tampak Luas, Simak Langkahnya

Ukuran unit apartemen yang minimalis terkadang menjadi batu sandungan bagi mereka yang ingin membeli apartemen.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

OJK Optimistis Capai Target Inklusi Keuangan 90% di 2024

Friderica menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memasang target inklusi keuangan sebesar 90% di akhir 2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Ingatkan Dewan Direksi BPJS TK Hati-hati Kelola Dana

Presiden Jokowi mengingatkan Dewan Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk berhati-hati dalam mengelola dana.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

PTBA Bangun PLTS Irigasi Sawah di Lampung Tengah

PTBA memulai pembangunan PLTS berkapasitas 42 kWp yang akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten <em>Prank</em> KDRT

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings