Logo BeritaSatu

Usai Lock Up Dibuka, GOTO Diproyeksi Terbang Saat Window Dressing

Kamis, 1 Desember 2022 | 15:46 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Harga saham emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada hari pertama pembukaan masa penguncian saham (lock up) tergerus 6,62% atau mengalami auto rejection bawah (ARB) menuju Rp 141 per saham. Namun tunggu dulu, saham GOTO diprediksi bakal menguat ke level Rp 270-288 saat memasuki masa-masa window dressing jelang akhir tahun.

Analis PT Henan Putihrai Sekuritas Steven Gunawan mencermati fase downtrend yang dialami emiten-emiten teknologi di AS seperti Meta, Amazon, Alphabet telah memberikan dampak kepada saham emiten teknologi di Indonesia. Salah satunya GOTO yang secara kebetulan kini memasuki masa berakhirnya lock up. “Jadi, walaupun hari pertama pembukaan lock up harga saham GOTO turun hampir 7%, tetapi ketika sudah masuk masa-masa window dressing atau di pekan ketiga Desember, sahamnya akan naik,” ucap Steven kepada Investor Daily, Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Pertimbangannya, beberapa fund manager seperti manajer investasi reksa dana memegang saham GOTO. Belum lagi, investor strategis seperti PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan PT Astra International Tbk (ASII) juga berkomitmen mempertahankan porsi kepemilikan mereka di GOTO.

Karena itu, sudah semestinya harga saham emiten yang bergerak di industri ride-hailing dan e0commerce ini mengalami penguatan ditopang target para stakeholder yang menghendaki saham GOTO terbang.

Jangan lupa faktor pertemuan bank sentral the Fed Desember ini yang diperkirakan hanya menaikkan Fed Fund Rate atau suku bunga acuan sebesar 50 bps atau tidak seagresif kenaikan sebelumnya yang mencapai 75 bps.

“Dengan the Fed sudah tidak hawkish, maka Bank Indonesia (BI) berpeluang mengerem kecepatan laju kenaikan BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DDR). Rezim suku bunga tinggi yang diharapkan segera berlalu ini akan membawa angin segar bagi saham-saham teknologi karena umumnya belanja modal atau capital expenditure (capex) emiten teknologi berasal dari bank,” papar Steven.

Lebih lanjut, meeting the Fed yang dijadwalkan berlangsung pada 13-14 Desember 2022 juga berbarengan dengan era window dressing, sehingga Steven meyakini, saham GOTO akan terangkat pada momentum-momentum tersebut. “Jadi, saya perkirakan saham GOTO akan menguat ke Rp 270-288 dengan memfaktorkan The Fed dan Bank Indonesia dovish seiring melandainya inflasi Amerika dan Indonesia,” tutur Steven.

Baca selanjutnya
Sedikit berbeda dengan Steven, analis teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana yang ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ramai Peminat, Kuota SBN Ritel Seri SBR012 Ditambah Jadi Rp 15 T

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah kuota pemesanan SBN ritel seri SBR012 dari Rp 10 triliun menjadi Rp 15 triliun.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bapanas Tugaskan Bulog Jual Beras Medium ke Ritel Modern

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan, langkah ini sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rangka stabilisasi harga beras di tingkat konsumen.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

ASEAN dapat menjadi episentrum atau pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar dan level global.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyak Goreng Minyakita Sudah Mulai Menghilang di Pasaran

Sejumlah pedagang pun mulai mengeluhkan hilangnya Minyakita di pasaran, lantaran minyak goreng murah program pemerintah itu laris diburu masyarakat.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Bahaya Vape Mengincar, Mendag Kendalikan Impor Alat Pendukungnya

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan pengendalian impor vape dan alat penunjang lainnya.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita dan Curah di Makassar Langka Sepekan Terakhir

Minyak goreng (migor) subsidi dengan merek Minyakita, mulai langka di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sepekan terakhir.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Jobubu Jarum Minahasa Bidik Laba & Pendapatan Naik 50%

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) optimistis pada 2023 pendapatan dan laba tumbuh hingga 50%.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Waskita Catat Kontrak Baru Rp 20 Triliun, Mayoritas dari IKN

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) membukukan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 20,23 triliun sampai akhir tahun 2022.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Sandiaga Uno Dorong UMKM Manfaatkan TikTok untuk Jualan

Menurut Sandiaga, saat ini banyak platform digital atau media sosial yang mampu mendorong produk pelaku ekraf dan UMKM naik kelas. Salah satunya TikTok

EKONOMI | 29 Januari 2023

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Serie A Liga Italia: AC Milan Digebuk Sassuolo di San Siro

Serie A Liga Italia: AC Milan Digebuk Sassuolo di San Siro

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE