Logo BeritaSatu

Erick Bangga Emiten BUMN Jadi Penggerak Bursa, Swasta?

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:42 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri BUMN Erick Thohir menyebut emiten-emiten BUMN berkontribusi sebesar 25% sebagai penggerak pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI), atau lebih baik dibandingkan sektor swasta.

Erick menerangkan jika diukur dengan sektor swasta (private sector), capital gain dan dividen kumulatif emiten BUMN secara konsolidasi bisa menghasilkan return sebesar 18%. Return tersebut menurutnya, lebih baik jika dikomparasikan dengan capital gain dan dividen kumulatif sektor swasta yang berada di posisi 10,8%.

Advertisement

"Inilah kenapa kemarin bursa sangat gembira ketika BUMN dan bursa bisa bekerja sama. Karena kalau dilihat, salah satu pertumbuhan bursa adalah BUMN. Kita kurang lebih 25% dari penggerak bursa," jelas Erick dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Belum lagi, jika dilihat dari sisi ratio utang emiten-emiten BUMN terhadap modal juga diproyeksikan tahun ini akan mengalami penurunan menjadi 34% dari rasio utang sebelumnya di level 36% dan 38%. Artinya, lanjut Erick, hal ini memperlihatkan bahwa BUMN sehat saat dikonsolidasikan.

"Kita memang tidak menutup mata ada BUMN yang tidak sehat. Inilah salah satu fokus kita untuk menyehatkan BUMN terutama di industri pangan dan pertahanan pada 2023. Karena itu, kita pastikan mudah-mudahan, ratio utang bisa tercapai di 2022," papar Erick.

Laba BUMN Kuartal III Rp 155 Triliun
Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga menyampaikan bahwa sampai kuartal III 2022, BUMN telah berkontribusi kepada negara total sebesar Rp 1.198 triliun yang terdiri dari pajak bagi hasil dan dividen. Realisasi tersebut secara kumulatif lebih tinggi sebesar Rp 68 triliun ketimbang realisasi tahun ssbelumnya.

"Jadi, untuk 2021 laba konsolidasi sekitar Rp 124,7 triliun. Lalu, kalau kita lihat di kuartal III 2022 laba konsolidasi kembali meningkat menjadi Rp 155 triliun. Jadi, artinya sudah terjadi konsolidasi, efisiensi, dan fokus dari pembangunan ekosistem," tambah Erick.

Erick mengingatkan untuk tidak mudah terjebak jika nanti menemukan laba BUMN di buku laporan kinerja mencapai Rp 209 triliun. Pasalnya, di situ tidak lepas dari restrukturisasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) sebesar Rp 54 triliun.

"Jadi, kita hanya bicara yang cash dan non-cash karena kalau digabungkan jadi tinggi sekali. Padahal, tahun depan belum tentu ada non-cash sebesar ini. Jadi, jangan sampai kinerja Garuda nanti menurun. Non-cash besar sekali dari Garuda dan kalau bisa jangan ada restrukturisasi besar-besar juga. Jadi, ini malah menjadi catatan," tutup Erick



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Uang Kripto Kraken Tutup Kantor di Abu Dhabi

Uang kripto Kraken telah menutup kantornya di Abu Dhabi kurang dari setahun setelah mendapatkan lisensi di wilayah tersebut.

EKONOMI | 3 Februari 2023

Susut 0,18 Persen, Premi Industri Asuransi Tembus Rp 283,91 T

Industri asuransi komersial menutup tahun 2022 dengan akumulasi pendapatan premi Rp 283,91 triliun atau turun tipis 0,18% dibandingkan pencapaian tahun 2021.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Sebut Ekonomi Hijau Jadi Fokus Utama Transisi Energi

Bahlil menyatakan, salah satu fokus pemerintah adalah membangun ekonomi hijau baik melalui transisi energi maupun investasi berkelanjutan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mortindo Bidik Peluang Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

Direktur Mortindo, Budi Santoso mengatakan, pembangunan IKN Nusantara menjadi peluang bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Bahlil Tetapkan Delapan Sektor Prioritas Hilirisasi

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menetapkan delapan sektor prioritas hilirisasi yang memiliki nilai US$ 545,3 miliar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Setelah Tutup Tujuh Gerai, Ini Rencana Bisnis Transmart

Setelah menutup tujuh gerainya secara bertahap selama masa pandemi Covid-19, manajemen Transmart memastikan akan berlari lebih kencang.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Transmart Tutup Tujuh Gerai, Manajemen: Ini Langkah Efisiensi

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyampaikan, Transmart tutup tujuh gerai secara permanen merupakan langkah efisiensi.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan 2 Strategi Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Pemerintah telah menyiapkan strategi antisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi menjelang Ramadan dan Lebaran.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Minta Bulog Distribusikan Beras Langsung ke Pasar

Mendag Zulkifli Hasan meminta Perum Bulog untuk dapat mendistribusikan beras langsung ke penjual dan pengecer tanpa melalui perantara.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

Pertemuan Golkar dan Nasdem Upaya Benahi Komunikasi Koalisi Pemerintah

BERSATU KAWAL PEMILU | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE