Timnas Pelajar Kempora Juara Grup B Iber Cup di Portugal

Timnas Pelajar Kempora Juara Grup B Iber Cup di Portugal
Timnas Pelajar U-15 Kemenpora. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 3 Juli 2019 | 07:08 WIB

Estoril, Beritasatu.com - Timnas Pelajar U-15 Kemenpora sukses mengantongi tiga kemenangan dan sekali imbang saat melakoni babak penyisihan Grup B turnamen IBER Cup 2019 di Estoril, Portugal. Tim yang diarsiteki oleh pelatih Aples G Tecuari itu berada di puncak klasemen Grub B mengemas 10 poin dari empat laga yang telah dilakoninya dengan catatan 19 gol kegawang lawan dan hanya sekali kebobolan.

Di laga pertama melawan Thiais FC, Senin (1/7/2019), Timnas Pelajar U-15 Kempora menuai kemenangan telak 10-0. Pada laga tersebut, Donny Januard Yoku empat kali mencatatkan namanya di papan skor. Marsello Martusel Buara dan Jemris masing-masing menyumbangkan dua gol, sedangkan Safiyudin Timin dan Tabernacle Rayberson Manurung mengoleksi satu gol.

Dihari yang sama pasca laga pertama, lagi-lagi Timnas Pelajar U-15 Kempora menjadi mimpi buruk bagi tim lawan. Kemenangan enam gol tanpa balas menjadi hasil akhir saat menghadapi UD Valonguense yang notabene sebagai salahsatu tim tuan rumah.

Donny Januard Yoku membuka kran gol Indonesia saat laga baru berjalan belum genap semenit. Dua gol beruntun disumbangkan Tiriec Adriano Manuri bagi Merah Putih. Pasca rehat, giliran Jemris yang mencatatkan namanya dipapan skor, disambung sumbangan dua gol Muhammad Bahari Kurniawan sebelum laga usai.

Kemenangan ketiga pada keesokan harinya, Selasa (2/7/2019), berhasil diraih kembali oleh tim jebolan liga berjenjang produk Kempora bertajuk Piala Menpora itu. Kini giliran tim tuan rumah lainnya seperti Gdm 9 de Abril de Trajouce yang merasakan pahitnya sebuah kekalahan.

Skor 3-1 menjadi hasil akhir laga ketiga, di mana Mohammad Rohan Fahrurozy sukses merobek gawang lawan pada menit ke-9 dan 25, sebelum Marsello Martusel Buara membuat Timnas Pelajar U-15 Kempora unggul 3-0 pada menit ke-47. Sedangkan gol hiburan bagi tim Gdm 9 de Abril de Trajouce, tercipta melalui sentuhan Jorge Vilaverde pada menit ke-53.

Sementara itu pada laga keempat, Donny Januard Yoku cs mendapatkan perlawanan sengit dari Juventude AC yang juga tim tuan rumah. Skor sama kuat 0-0 menjadi hasil akhir pada laga terakhir babak penyisihan Grup B itu.

"Puji Tuhan, Alhamdulillah. Kami mengantongi tiga kemenangan dan sekali imbang di fase penyisihan sehingga membuat kita berada kokoh dipuncak klasemen Grup B," tulis manajer tim Ray Gutafson Manurung melalui pesan singkat, Rabu (3/7/2019) dini hari.

"Yang lebih spesialnya, hasil positif tersebut disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Ibnu W. Wahyutomo dan para staff kedutaan yang hadir bersama beliau, tentu saja itu memacu semangat anak-anak untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Merah-Putih," tambahnya.

Selanjutnya, Marsello Martusel Buara dkk, hari ini, Rabu (3/7/2019), dijadwalkan rehat, setelah dalam dua hari berturut-turut melakoni empat laga beruntun, sementara tim lain dibagi bermain tiga hari.

"Sambil memulihkan stamina anak-anak, kami melakukan persiapan untuk babak playoff pada hari Kamis (4/7/2019) nanti. Akan tetapi meski istirahat, anak-anak tetap melakukan latihan ringan dilapangan yang kita sewa di Cascais, sehingga sentuhan mereka tetap terjaga," pungkasnya.

Disisi lain, tiga nama dari Indonesia mengisi posisi teratas dalam urusan mencetak gol. Donny Januard Yoku tercatat sebagai topskorer sementara melalui lima gol yang dicetaknya. Sedangkan Jemris dan Marsello Martusel Buara berada tepat dibawahnya dengan masing-masing mengoleksi tiga gol.



Sumber: BeritaSatu.com