Logo BeritaSatu

Wamenkeu Ungkap 4 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru, Apa Saja?

Selasa, 29 November 2022 | 16:30 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan di tengah gejolak perekonomian global yang terjadi pemerintah terus berupaya melakukan reformasi struktural untuk menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah sudah menentukan empat sumber pertumbuhan ekonomi baru, yang akan terus dioptimalkan terhadap peningkatan laju perekonomian dalam negeri.

Advertisement

“Kita harus bikin perencanaan, ketika bikin perencanaan kita cari titik-titik reformasi. Penentuan titik reformasi ini tujuannya mencari sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk Indonesia,” ucap Suahasil Nazara dalam acara Wealth Wisdom di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Menurut Suahasil, sumber pertumbuhan ekonomi yang pertama yaitu, meningkatkan penggunaan produk barang dan jasa dalam negeri, khususnya yang dibuat oleh UMKM dan perusahaan dalam negeri. Langkah ini diharapkan bisa berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Adanya penggunaan produk dalam negeri akan meningkatkan penyerapan hasil produksi dalam negeri yang akan berujung pada peningkatan laju perekonomian dalam negeri.

"Kalau kita ingin sumber pertumbuhan baru, penggunaan produksi dalam negeri, ini kunci kita ke depan. Mendorong produksi dalam negeri dan menggunakan unit usaha dalam negeri dalam kehidupan proses produksi di kehidupan kita sehari-hari. Ini sangat-sangat kuat untuk Indonesia," ucap Suahasil.

Kedua, hilirisasi produk ekspor dari komoditas sumber daya alam (SDA). Dari sisi fiskal upaya hilirisasi dilakukan melalui pemberian insentif pajak hingga relaksasi impor. Semua insentif tersebut diberikan dengan tujuan untuk mempermudah investor melakukan hilirisasi,

“Posisi pemerintah adalah ingin melihat sumber pertumbuhan ekonomi baru, berbagai macam fasilitas alat fiskal bisa memberikan macam fasilitas karena seluruh alat fiskal kita, kita pakai untuk mendorong hilirisasi sumber daya alam di dalam negeri,” kata Suahasil.

Ketiga, melakukan transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT). Langkah melakukan transisi energi bukan hanya sekedar untuk mengantisipasi perubahan iklim dunia, tetapi menumbuhkan kegiatan ekonomi baru di Indonesia.

"Menjaga hutan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kalau kita menjaga hutan beberapa aktivitas sekarang sudah mulai.. Supaya menjaga hutan maka di desa-desa di sekelilingnya diberikan kegiatan pemberdayaan masyarakat supaya bisa ikut menjaga hutan tetap lestari,” kata Suahasil.

Keempat yaitu ekonomi digital, dalam kondisi pandemi Covid-19 telah mempercepat terjadinya reformasi pada ekonomi digital. Bidang ekonomi digital menimbulkan banyak ruang baru dalam kehidupan masyarakat. Banyak kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan secara darin dan memberikan peluang baru bagi perekonomian.

“Ruang-ruang baru ini memunculkan kebutuhan wifi, kebutuhan internet. Nanti kita harus bicara mengenai apakah internet cukup merata di seluruh Indonesia, daerah mana yang harus diperkuat lagi. Ini bidang yang baru dan luar biasa,” kata Suahasil.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bioiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

Program biodiesel sebesar 35% atau program B35 yang resmi diberlakukan Rabu (1//2/2023) membutuhkan peningkatan infrastruktur.

EKONOMI | 2 Februari 2023

KB Bukopin Gandeng Sinarmas AM Perluas Penjualan Reksa Dana

PT Bank Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Sinarmas Asset Management (Sinarmas AM) sepakat menjalin kerja sama penjualan reksa dana.

EKONOMI | 2 Februari 2023

DPR Yakin Jokowi Akan Kirim Calon Gubernur BI Berkualitas

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah mengatakan, nama-nama calon Gubernur BI yang beredar memiliki reputasi dan kompetensi yang sangat baik.

EKONOMI | 1 Februari 2023

BPS Sebut Komoditas Pangan Sumbang Inflasi Januari 2023

Menurut Margo, inflasi Januari 2023 yang sebesar 0,34% relatif lebih rendah dibandingkan inflasi Januari tahun sebelumnya yang sebesar 0,56%.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Penetrasi Internet Dorong Kenaikan Belanja Iklan Digital

Belanja iklan digital di Indonesia diyakin terus mengalami peningkatan seiring masifnya penetrasi internet di tanah air.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Alhamdulillah, Laba Bersih BSI 2022 Capai Rp 4,26 Triliun

PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI membukukan laba bersih Rp 4,26 triliun atau tumbuh 40,68 persen secara year on year (yoy) di akhir 2022.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Indeks Literasi Digital Naik, tetapi Aspek Keamanan Rendah

Kemenkominfo merilis hasil survei indeks literasi digital tahun 2022 yang mengalami kenaikan menjadi 3,54 dibandingkan tahun sebelumnya di angka 3,49.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Pembelian Gas Melon Dibatasi, Hiswana Migas Tunggu Regulasi

Menurut Rachmad, Hiswana Migas masih menunggu kriteria yang ditetapkan pemerintah terkait siapa saja yang berhak membeli gas elpiji 3 kg atau gas melon.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Teten Sebut Minyak Makan Merah Solusi Masalah Minyak Goreng

Pembangunan pabrik minyak makan merah dinilai bisa menjadi solusi persoalan langkanya minyak goreng di pasaran.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Satyamitra Kemas Lestari Incar Penjualan 2023 Naik Dua Digit

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL) mengincar pertumbuhan penjualan dua digit pada tahun ini.

EKONOMI | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lyto Buka Tahap Beta Test Game Luna Online: New World

Lyto Buka Tahap Beta Test Game Luna Online: New World

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE